STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TERHADAP BAGUS AGRO PLAGA RESORT

A.A Ngurah Eddy Supriyadinatha Gorda, Ni Putu Yunita Anggreswari, Nyoman Sri Manik Parasari

Abstract


Bali merupakan destinasi wisata dunia yang selalu sukses dalam meluncurkan destinasi-destinasi pariwisata baru untuk menarik wisatawan. Bali adalah penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Besarnya pendapatan pulau dewata di sektor pariwisata tentu tidak terlepas dari peran komunikasi pemasaran dalam memperkenalkan destinasi-destinasi pariwisata baru yang ada di Bali. Terlebih lagi saat ini sedang muncul trend wisata agro atau yang biasa dikenal dengan nama agro wisata. Munculnya objek wisata baru yang terletak di desa Plaga merupakan strategi awal dalam pengembangan agro wisata baru yang ada di Bali, adapun objek wisata baru yang dikembangkan adalah agro wisata dengan konsep resort yakni Bagus Agro Plaga Resort. Agro resort merupakan resort pertama di Bali yang memadukan konsep modern dengan agro wisata, Bagus Agro Plaga Resort memiliki beberapa sajian unik yang bisa dinikmati oleh wisatawan yakni memiliki pelatihan pengolahan kopi, organic farm, serta beauty and healing culture. Munculnya Bagus Agro Plaga Resort yang merupakan destinasi wisata antimainstraim tentu perlu menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang mumpuni agar dapat mengembangkan brand awareness bagi wisatawan terlebih lokasi yang dipilih adalah desa Plaga yang belum dikenal sebagai destinasi pariwisata. Bauran komunikasi pemasaran yang akan diteliti pada penelitian ini terdiri dari periklanan (advertising), pemasaran langsung (direct marketing), hubungan masyarakat (public relations), penjualan personal (personal selling), pemasaran internet (internet marketing) dan promosi penjualan (sales promotion). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena berusaha menampilkan dan menjelaskan fenomena yang ditemukan di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi yakni melakukan pengamatan langsung pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data juga menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai beberapa informan yang terdiri dari pengelola Bagus Agro Plaga Resort dan wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, serta beberapa tokoh masyarakat. 


Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Agro Wisata

References


Basu Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa perilaku konsumen. Yogyakarta: PT Liberty.

Hamidi. 2010. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2012.

Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Sutisna. 2001 Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Lindakarya.

Sutopo. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suyanto, Bagong, dkk (ed). 2005. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 1995. Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal

Budiwan, Nuriani. 2005. Pengaruh Periklanan (Advertising) Produk Teh Botol Sosro Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Ampera). Bandung: Universitas Ilmu Komunikasi Bandung.

Hasli, Rizal. 2012. Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Prambors Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan Di Makassar. Makassar: Hasanuddin University. 2012.

Kurniadi Teddy. 2011. Analisis Strategi Kreatif Mobile Advertising Midline Production Melalui Program “A Mild Live Soundrenaline 2008. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Nuprilianti, N. P. 2016. Pengaruh personal selling, brand image , word of mouth, Ilmu Dan Riset Manajemen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Journal Statistic