PENGARUH KETERLIBATAN PEMAKAI DAN KEMAMPUAN TEKNIK PERSONAL PADA KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DENGAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris Pada Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Denpasar Selatan)

Authors

  • Gusi Putu Lestara Permana Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v5i1.2445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh keterlibatan pemakai dan kemampuan Teknik personal pada kinerja sistem informasi akuntansi dengan pendidikan dan pelatihan sebagai variable pemoderasi. Jumlah sample yang di ambil peneliti sebanyak 62 responden yang  berada di bagian sistem informasi akuntansi dan sudah pernah menggunakan sistem informasi akuntansi, minimal 1 bulan berdasarkan Teknik non probability sampling dengan metode proposive sampling. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dengan menggunakan kuesioner dimana jawaban didapat langsung dari reponden. Dan data sekunder berupa nama-nama Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang diperoleh dari Lembaga Pemberdayaan Lembaga Perkreditan Desa (LPLPD). Teknik yang digunakan adalah uji regresi linear bergandadan uji interaksi Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis, Keterlibatan pemakai dan kemampuan Teknik personal berpengaruh positif terhadap Kinerja sistem infomasi akuntansi, pendidikan dan pelatihan mampu memperkuat keterlibatan pemakai pada Kinerja sistem infomasi akuntansi, Pendidikan dan pelatihan tidak mampu memperkuat kemampuan teknik personal pada Kinerja sistem informasi akuntansi.

Kata Kunci: Keterlibatan pemakai, kemampuan teknik personal, pendidikan dan  pelatihan, kinerja sistem informasi akuntansi 

Author Biography

Gusi Putu Lestara Permana, Universitas Pendidikan Nasional

Accounting Departement

References

Antari, R. W., Diatmika, P. G., & Adiputra, M. P. (2015). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1484–1486.

Ayu,Perbarini, N.K., dan J. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada LPD di Kecamatan Denpasar Utara. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(3), h:728-746.

Baig, A.-H. dan, & Gururajan, R. (2011). Preliminary Study to Investigation the Determinants that Effect IS / IT Outsourcing. International Journal, 1(2).

Bailey, J. E. and S. W. P. (1983). Development of a Tool For Measuring and Analyzing Computer User Satisfaction. Management Science, 29(5):, h: 530-545.

Baridwan, Z. (2009). Sistem Informasi Akuntansi. (Edisi Keen). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Choe, J. M. (1996). The relationships among performance of accounting information systems, influence factors, and evolution level of information systems. Journal of Management Information Systems. https://doi.org/10.1080/07421222.1996.11518107

Damana Arya, A., & Sadha Suardikha, I. (2015). Pengaruh Keterlibatan Pemakai, Pelatihan, Ukuran Organisasi dan Keahlian Pemakai Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi.

Dewi, N. M. I. I., & Yasa, G. W. (2012). Struktur Pengendalian Intern dalam Menekan Kredit Macet pada LPD Se-Kabupaten Buleleng. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1(1).

Edwardo, P. P. (2014). Pegaruh Keterlibatan Pemakai, Kemampuan Teknik Personal Dan Ukuran Organisasi Pada Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Di BPR Se-Kecamatan Mengwi. Skripsi Universitas Udayana.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. (Universitas Diponogoro, ed.). Semarang.

Grande, E. U., Estébanez., R. P., & Colomina, C. M. (2011). 41B. The Impact of Accounting Information Systems ( AIS ) on Performance Measures. The International Journal of Digital Accounting Research, 11(February), 25–43. https://doi.org/10.4192/1577-8517-v11

Gustiyan, H. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Tanjungpinang. Jurnal Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Maritime Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Irma Diana Putri, N., & Dharmadiaksa, I. (2015). Pengaruh Kemampuan Teknik Personal, Program Pelatihan dan Pendidikan, Insentif, dan Partisipasi Manajemen Pada Kinerja Penerapan SIA. E-Jurnal Akuntansi, 12(3), 582–592.

Kushardiyantini, L. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan Daerah Air Minum di Wilayah Gresik. Skripsi Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Lau, E. A. (2014). Pengaruh Partisipasi Pemakai Terhadap Kepuasan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Informasi Dengan Faktor Kontinjensi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemakai Pada Perusahaan Menengah Di Kalimantan Timur. 10(1).

Luciana Spica Almilia & Irmaya Briliantien. (2012). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Umum Pemerintah Di Wilayah Surabaya Dan Sidorajo. Artikel Penelitian Kinerja Sistem Informasi, STIE Perbanas Surabaya.

Marlia, E. (2007). Pengaruh Program Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Inti (PERSERO) Bandung. Skripsi Universitas Widyatama.

Murray, D. (1990). The Performance Effects Of Participative Budgeting: An Integration Of Intervening And Moderating Variables. Behavior Research In Accounting, 2(2), 104–121.

Noormuhammad, A. (2015). Sejarah Perbankan. 1–65. Retrieved from https://www.linkedin.com/pulse/sejarah-perbankan-ahmad-noormuhammad

Prabowo, Galang Rahadian, A. M. dan H. M. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung). Accounting Analysis Journal, 3(1), h: 9-17.

Prabowo, Rizki R., Sukirman & Nurhasan, H. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi di Bank Umum Kota Surakarta. Jupe- Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), h: 119-130.

Romney, Marshal B., dan Steinbart, P. J. (2009). Accounting Information Systems. (Cengage Learning, ed.). USA.

Rusmiati, R. (2012). Pengaruh Keterlibatan Pengguna, Kapabilias Personal Sistem Informasi, Ukuran Organisasi , dan Formalisasi Pengembangan Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Pasunda.

Septian, handoko dwi. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Karakteristik Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Perkreditan Rakyat di Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Septriani, E. (2010). Pengaruh Kinerja Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Pada PT. Bank Muamalat Indonesia (Tbk). Jurnal Program Magister Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Jakarta.

Suartika, Kamajaya Adi dan Sari Widhi Yani, N. . (2016). Pengaruh Kemampuan Teknik Personal Pada Efektifitas Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dengan Pendidikan dan Pelatihan sebagai Pemoderasi Pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Badung. Skripsi Jurusan Akuntansi Universitas Udayana.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Cetakan Li). Bandung: CV Alfabeta.

Surendran, P. (2012). Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. Internasional Journal of Business and Social Research (IJBSR), Vol.2 No.4.

Suryawarman, A.A.N Kameswara dan Sari Widhiyani, N. L. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Restoran Waralaba Asing Di Kota Denpasar. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, 2(1).

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles