Dampak Cash on Delivery (COD) terhadap Perilaku Pembelian Generasi Baby Boomers di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.38043/jiab.v8i1.5099Keywords:
Baby Boomers, Cash on Delivery (COD), E-walletAbstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat berpengaruh pada proses kegiatan transaksi. Dimana perkembangan teknologi berpengaruh pada pola pikir masyarakat untuk melakukan sesuatu dengan cepat dan mudah. Seperti di dalam Marketplace terdapat dua metode untuk proses transaksi yaitu E-wallet dan metode Cash On Delivery (COD). Metode Cash On Delivery (COD) merupakan merupakan metode transaksi pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima oleh pembeli. Namun generasi baby boomers belum percaya akan penggunaan metode E-wallet untuk kegiatan transaksi dan memilih metode Cash On Delivery (COD) untuk kegiatan transaksi. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui mengapa generasi baby boomers lebih memilih dan percaya menggunakan metode Cash On Delivery (COD). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna metode Cash On Delivery (COD) dan sampel sebanyak 110 responden. Menggunakan data kuantitatif berdasarkan angka dan analisis teknik statistik. Menggunakan sumber data primer yang merupakan hasil dari pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan metode analisis menggunakan model evaluasi pengukuran (outer model) dan model evaluasi struktural (inner model). Hasil penelitian ini adalah Konstruk yang diterima yaitu Persepsi kegunaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self-efficacy. Persepsi kemudahan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self-efficacy. Persepsi keamanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self-efficacy. Persepsi kepercayaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self-efficacy. Self-efficacy terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat penggunaan metode Cash On Delivery (COD). Pengaruh sosial terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat penggunaan metode Cash On Delivery (COD). Dan satu hipotesis yang tidak diterima yaitu Kemampuan ekonomi terbukti gagal dalam mempengaruhi hubungan Pengaruh sosial terhadap Minat penggunaan metode Cash On Delivery (COD). Penelitian ini sejalan dengan penggunaan teori Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengguna metode Cash On Delivery (COD) dan bagi peneliti lain dapat menggunakan model dan objek yang berbeda untuk memperoleh preferensi lain.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991a). Machine Translated by Google Teori Perilaku yang Direncanakan Machine Translated by Google. 211, 179211.
Ajzen, I. (1991b). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Anjum, S., & Chai, J. (2020). Drivers of Cash-on-Delivery Method of Payment in E-Commerce Shopping: Evidence From Pakistan. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020917392
Armiani, A. (2022). E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. Owner, 6(1), 668676. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.639
Bank Indonesia, B. (2020). Apa Itu Elektronifikasi. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/elektronifikasi/default.aspx
Bohalima, S. A. U., & Hanum, F. (2022). Implementasi Metode Pembayaran Cash On Delivery Melalui Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Tik Tok. JOEL: Journal of Educational and , 1(12), 21932206.
Calvo, E. (2013). Does Working Longer Make People Healthier and Happier? SSRN Electronic Journal, (February). https://doi.org/10.2139/ssrn.2302705
Cekaja, A., Terhadap, C. O. M., Widyastuti, L., & Yunita, A. (2017). Analisis Penerimaan Teknologi Financial Intention Melalui Pendekatan Teori Perilaku Rencanaan (Theory Of Planned Behavior Atau TPB). (0717), 103113.
Lestari, D., & Pratomo, D. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Cash On Delivery (cod) Menggunakan Metode Delone And Mclean (studi Kasus Pada Aplikasi . 8(6), 81788184.
Lutfianisa, F Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen Dalam Memediasi Hubungan Antara Cash On Delivery Dengan Keputusan Pembelian Di Sosial Media Facebook. COSTING: Journal of , 5, 517522.
Mukhid, A. (2018). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Proceedings - 2018 IEEE 4th International Workshop on High-Performance Interconnection Networks in the Exascale and Big-Data Era, HiPINEB 2018, 2018-Janua, 1623. https://doi.org/10.1109/HiPINEB.2018.00011
Nisa, S. P., Bisyri, M. H., & Saadah, N. (2021). Praktik Jual Beli Sistem Cash On Delivery Pos Indonesia. El Hisbah: Journal , 910.
Nuriana, D., Rizkiyah, I., Efendi, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23117
Purwandari, B., Suriazdin, S. A., Hidayanto, A. N., Setiawan, S., Phusavat, K., & Maulida, M. (2022). Factors Affecting Switching Intention from Cash on Delivery to E-Payment Services in C2C E-Commerce Transactions: COVID-19, Transaction, and Technology Perspectives. Emerging Science Journal, 6(Special Issue), 136150. https://doi.org/10.28991/esj-2022-SPER-010
Ramli, F. A. A., & Hamzah, M. I. (2021). Mobile payment and e-wallet adoption in emerging economies: A systematic literature review. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 9(2), 1. https://doi.org/10.24191/jeeir.v9i2.13617
Rokfa, A. A., Pratama Tanda, A. R., Anugraheni, A. D., & Kristanti, W. A. (2022). Penyelesaian Sengketa Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Pada Media E-Commerce. Jurnal Bina Mulia Hukum, 6(2), 161173. https://doi.org/10.23920/jbmh.v6i2.533
Susanto, D., Fadhilah, M., Bagus, I., Manajemen, N. U., & Ekonomi, F. (2021). Pengaruh Persepsi Keamanan. Jurnal Ilmu Manajemen, 89, 8997.
Tussafinah, H. (2018). Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan Cod Atau Bayar Di Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Lazada. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.
Ajzen, I. (1991a). Machine Translated by Google Teori Perilaku yang Direncanakan Machine Translated by Google. 211, 179211.
Ajzen, I. (1991b). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Anjum, S., & Chai, J. (2020). Drivers of Cash-on-Delivery Method of Payment in E-Commerce Shopping: Evidence From Pakistan. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020917392
Armiani, A. (2022). E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. Owner, 6(1), 668676. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.639
Bank Indonesia, B. (2020). Apa Itu Elektronifikasi. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/elektronifikasi/default.aspx
Bohalima, S. A. U., & Hanum, F. (2022). Implementasi Metode Pembayaran Cash On Delivery Melalui Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Tik Tok. JOEL: Journal of Educational and , 1(12), 21932206.
Calvo, E. (2013). Does Working Longer Make People Healthier and Happier? SSRN Electronic Journal, (February). https://doi.org/10.2139/ssrn.2302705
Cekaja, A., Terhadap, C. O. M., Widyastuti, L., & Yunita, A. (2017). Analisis Penerimaan Teknologi Financial Intention Melalui Pendekatan Teori Perilaku Rencanaan (Theory Of Planned Behavior Atau TPB). (0717), 103113.
Lestari, D., & Pratomo, D. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Cash On Delivery (cod) Menggunakan Metode Delone And Mclean (studi Kasus Pada Aplikasi . 8(6), 81788184.
Lutfianisa, F Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen Dalam Memediasi Hubungan Antara Cash On Delivery Dengan Keputusan Pembelian Di Sosial Media Facebook. COSTING: Journal of , 5, 517522.
Mukhid, A. (2018). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Proceedings - 2018 IEEE 4th International Workshop on High-Performance Interconnection Networks in the Exascale and Big-Data Era, HiPINEB 2018, 2018-Janua, 1623. https://doi.org/10.1109/HiPINEB.2018.00011
Nisa, S. P., Bisyri, M. H., & Saadah, N. (2021). Praktik Jual Beli Sistem Cash On Delivery Pos Indonesia. El Hisbah: Journal , 910.
Nuriana, D., Rizkiyah, I., Efendi, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23117
Purwandari, B., Suriazdin, S. A., Hidayanto, A. N., Setiawan, S., Phusavat, K., & Maulida, M. (2022). Factors Affecting Switching Intention from Cash on Delivery to E-Payment Services in C2C E-Commerce Transactions: COVID-19, Transaction, and Technology Perspectives. Emerging Science Journal, 6(Special Issue), 136150. https://doi.org/10.28991/esj-2022-SPER-010
Ramli, F. A. A., & Hamzah, M. I. (2021). Mobile payment and e-wallet adoption in emerging economies: A systematic literature review. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 9(2), 1. https://doi.org/10.24191/jeeir.v9i2.13617
Rokfa, A. A., Pratama Tanda, A. R., Anugraheni, A. D., & Kristanti, W. A. (2022). Penyelesaian Sengketa Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Pada Media E-Commerce. Jurnal Bina Mulia Hukum, 6(2), 161173. https://doi.org/10.23920/jbmh.v6i2.533
Susanto, D., Fadhilah, M., Bagus, I., Manajemen, N. U., & Ekonomi, F. (2021). Pengaruh Persepsi Keamanan. Jurnal Ilmu Manajemen, 89, 8997.
Tussafinah, H. (2018). Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan Cod Atau Bayar Di Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Lazada. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.
Ajzen, I. (1991a). Machine Translated by Google Teori Perilaku yang Direncanakan Machine Translated by Google. 211, 179211.
Ajzen, I. (1991b). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Anjum, S., & Chai, J. (2020). Drivers of Cash-on-Delivery Method of Payment in E-Commerce Shopping: Evidence From Pakistan. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020917392
Armiani, A. (2022). E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. Owner, 6(1), 668676. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.639
Bank Indonesia, B. (2020). Apa Itu Elektronifikasi. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/elektronifikasi/default.aspx
Bohalima, S. A. U., & Hanum, F. (2022). Implementasi Metode Pembayaran Cash On Delivery Melalui Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Tik Tok. JOEL: Journal of Educational and , 1(12), 21932206.
Calvo, E. (2013). Does Working Longer Make People Healthier and Happier? SSRN Electronic Journal, (February). https://doi.org/10.2139/ssrn.2302705
Cekaja, A., Terhadap, C. O. M., Widyastuti, L., & Yunita, A. (2017). Analisis Penerimaan Teknologi Financial Intention Melalui Pendekatan Teori Perilaku Rencanaan (Theory Of Planned Behavior Atau TPB). (0717), 103113.
Lestari, D., & Pratomo, D. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Cash On Delivery (cod) Menggunakan Metode Delone And Mclean (studi Kasus Pada Aplikasi . 8(6), 81788184.
Lutfianisa, F Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen Dalam Memediasi Hubungan Antara Cash On Delivery Dengan Keputusan Pembelian Di Sosial Media Facebook. COSTING: Journal of , 5, 517522.
Mukhid, A. (2018). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Proceedings - 2018 IEEE 4th International Workshop on High-Performance Interconnection Networks in the Exascale and Big-Data Era, HiPINEB 2018, 2018-Janua, 1623. https://doi.org/10.1109/HiPINEB.2018.00011
Nisa, S. P., Bisyri, M. H., & Saadah, N. (2021). Praktik Jual Beli Sistem Cash On Delivery Pos Indonesia. El Hisbah: Journal , 910.
Nuriana, D., Rizkiyah, I., Efendi, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23117
Purwandari, B., Suriazdin, S. A., Hidayanto, A. N., Setiawan, S., Phusavat, K., & Maulida, M. (2022). Factors Affecting Switching Intention from Cash on Delivery to E-Payment Services in C2C E-Commerce Transactions: COVID-19, Transaction, and Technology Perspectives. Emerging Science Journal, 6(Special Issue), 136150. https://doi.org/10.28991/esj-2022-SPER-010
Ramli, F. A. A., & Hamzah, M. I. (2021). Mobile payment and e-wallet adoption in emerging economies: A systematic literature review. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 9(2), 1. https://doi.org/10.24191/jeeir.v9i2.13617
Rokfa, A. A., Pratama Tanda, A. R., Anugraheni, A. D., & Kristanti, W. A. (2022). Penyelesaian Sengketa Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Pada Media E-Commerce. Jurnal Bina Mulia Hukum, 6(2), 161173. https://doi.org/10.23920/jbmh.v6i2.533
Susanto, D., Fadhilah, M., Bagus, I., Manajemen, N. U., & Ekonomi, F. (2021). Pengaruh Persepsi Keamanan. Jurnal Ilmu Manajemen, 89, 8997.
Tussafinah, H. (2018). Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan Cod Atau Bayar Di Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Lazada. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gusi Putu Lestara Permana, Anak Agung Sinthya Patricia Anjani R
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.