Pengaruh Kepercayaan, Selisih Bunga Kredit Dengan Bank Konvensional, Dan Kemudahan Proses Kredit Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Layanan Fintech Berbasis Pinjaman Online: Studi Kasus Di PTN dan PTS Provinsi Bali

Authors

  • I Dewa Ayu Rizky Pradnyani Marranitha
  • Ida Bagus Raka Suardana Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, selisih bunga kredit dengan bank konvensional, dan kemudahan proses kredit terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan layanan fintech berbasis pinjaman online. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, yaitu convenience sampling. Dalam penelitian ini menggunakan 95 responden dengan menggunakan rumus Hair et al sebagai penentuan sampel. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu melalui analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepercayaan, selisih bunga kredit dengan bank konvensional, dan kemudahan proses kredit berpengaruh secara parsial terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan layanan fintech berbasis pinjaman online pada mahasiswa perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Provinsi Bali. Kepercayaan, selisish bunga kredit dengan bank konvensional, dan kemudahan proses kredit berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan layanan fintech berbasis pinjaman online sebesar 63,7% sedangkan sisanya sebesar 36.3% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain diluar model penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

1.
I Dewa Ayu Rizky Pradnyani Marranitha, Ida Bagus Raka Suardana. Pengaruh Kepercayaan, Selisih Bunga Kredit Dengan Bank Konvensional, Dan Kemudahan Proses Kredit Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Layanan Fintech Berbasis Pinjaman Online: Studi Kasus Di PTN dan PTS Provinsi Bali. TIERS [Internet]. 2020Dec.31 [cited 2024Mar.28];1(2). Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/tiers/article/view/2805

Issue

Section

Articles