Pengaruh Website Quality,Trust, Dan E –Service Quality Terhadap Loyalitas Konsumen Pada E-Commerce Pengguna Situs shopee.co.id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh website quality, trus, dan e-service quality terhadap loyalitas konsumen pada e-commerce pengguna situs Shopee.co.id di kota Denpasar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 112 responden dengan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat secara langsung dari sumber data dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Pengujian instrumen berdasarkan tahapan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta melakukan analisis regresi linier berganda melalui program SPSS. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masing-masing variabel website quality, variabel trust dan variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dengan demikian, setiap peningkatan pada masing-masing variabel website quality, variabel trust dan variabel e-service quality maka akan terjadi peningkatan loyalitas konsumen, begitu pula sebaliknya setiap penurunan pada masing-masing variabel website quality, variabel trust dan variabel e-service quality maka akan terjadi penurunan loyalitas konsumen.