Jurnal Ilmiah Telsinas Elektro, Sipil dan Teknik Informasi https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik <div style="text-align: justify;"> <p><strong>Jurnal Ilmiah Telsinas Elektro, Sipil dan Teknik Informasi</strong> with number e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=1519808381">2621-5276</a> <span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0" data-number-of-phrases="4">is a scientific journal that contains writings in the fields of electrical engineering, civil engineering, and informatics.</span> <span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="1" data-number-of-phrases="4">The publication is carried out 2 (two) times a year, namely in April and September.</span> <span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="2" data-number-of-phrases="4">Authors can submit articles online and a peer-review process is carried out.</span> <span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="3" data-number-of-phrases="4">Articles published are the results of original studies and research in the field of engineering that have never been published.</span></span></p> </div> en-US journalfti@undiknas.ac.id (I Nyoman Indra Kumara) journal@undiknas.ac.id (I Made Ardi Sudestra) Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pemetaan Keruskan Jalan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4876 <p>Kecamatan Manyak Payed merupakan salah satu akses jalan lintas Medan – Banda Aceh yang memiliki jumlah pengendara cukup ramai. Hal ini yang mendominasi penyebab melemahnya kondisi perkerasan jalan. Tujuan dari penelitian ini untuk memodelkan pemetaan topografi, jaringan jalan, kerusakan jalan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) serta menghitung nilai tingkat kerusakan jalan dengan metode <em>Pavement Condition Index</em> (PCI). Metode Penelitian ini menggunakan SIG dan PCI. SIG dipergunakan untuk pemodelan topografi, pemetaan jaringan jalan dan kerusakan jalan dengan tahapannya yaitu pengumpulan data, peta pendukung, serta survey di lapangan. Sedangkan metode PCI digunakan untuk menghitung nilai tingkat kerusakan jalan dengan indeks numerik yang nilainya berkisar di antara 0 sampai 100. Nilai 0, menunjukkan perkerasan dalam kondisi sangat rusak dan nilai 100 menunjukkan perkerasan masih sempurna. Berdasarkan hasil pemodelan topografi di Kecamatan Manyak Payed maka diperoleh elevasi tertinggi sebesar 267mdpl dan terendah sebesar 1mdpl. Hasil pemodelan jaringan jalan beserta titik kerusakan jalan masih banyak jalan yang mengalami kerusakan terutama di jalan Arteri, terdapat 16 titik kerusakan pada jalan Arteri dengan 6 jenis kerusakan yaitu, 2 Retak Kulit Buaya (13%), 3 Lubang (20%), 1 Alur (7%), 3 Tambalan (20%), 4 Retak Memanjang (27%), 2 Retak Pinggir (13%).Jjalan Kolektor A terdapat 27 titik kerusakan dengan 3 jenis kerusakan yaitu, 12 Pelepasan Butir (60%), 7 Amblas (35%), 1 Pengausan Agregat (5%). Jalan Lokal A terdapat 6 titik kerusakan dengan 3 jenis kerusakan yaitu, 4 Lubang (67%), 1 Amblas (16%), 1 Retak Pinggir (17%). Setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode PCI, maka nilai rata-rata untuk jalan Arteri sebesar 69,2 (baik), jalan Kolektor A sebesar 40 (buruk) dan jalan Lokal A sebesar 66,75 (baik). Dengan nilai rata-rata PCI tersebut penanganan yang perlu dilakukan adalah tambalan dan lapisan tambahan.</p> Tarmizi Awaliani, Wan Alamsyah, Defry Basrin Copyright (c) 2024 TARMIZI AWALIANI, Wan Alamsyah, Defry Basrin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4876 Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000 Kontribusi PTPP Terhadap Sustainable Development Goals Pada Tahun 2020-2022 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5092 <p>PT PP (Persero) Tbk (PT PP) telah berkembang menjadi perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia dan telah menyelesaikan berbagai proyek di seluruh negeri melalui tujuh segmen bisnisnya. Untuk mendukung pelaksanaan keuangan berkelanjutan, PT PP mengalokasikan sebagian dana ke program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk mendukung inisiatif yang sesuai dengan <em>Sustainable Development Goals</em> (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kontribusi PT PP terhadap SDGs dan dampak positifnya terhadap ekonomi, masyarakat, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis data atau laporan perusahaan terutama laporan keberlanjutan PT PP tahun 2020-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT PP telah berkontribusi besar dalam mencapai SDGs di Indonesia. PT PP berkonsentrasi pada SDGS nomor 4, 8, dan 11 dari tahun 2020 hingga 2022. Pembangunan infrastruktur, pemenuhan kebutuhan perumahan, perlindungan lingkungan, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat adalah beberapa manfaat PT PP. Untuk mencapai SDGs, PT PP mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan, kemitraan dan kolaborasi, dan pemberdayaan masyarakat.</p> Fitriana Sarifah, Nurul Fauziah, Syakilla Evana, Rahma Pertiwi, Akmal Zaidan Fadhlurrahman, Ryan Nugraha Copyright (c) 2024 Fitriana Sarifah, Nurul Fauziah, Syakilla Evana, Rahma Pertiwi, Akmal Zaidan Fadhlurrahman, Ryan Nugraha https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5092 Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Penghitung Acak 10% Terhadap Barang Bawaan Yang Diperiksa X- Ray Untuk Pemeriksaan Manual di Bandara https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5036 <p>Pemeriksaan keamanan penerbangan adalah prosedur guna mewujudkan keamanan dan keselamatan penerbangan. Pemeriksaan barang bawaan secara manual dengan sistem acak sejumlah 10 % terhadap seluruh barang bagasi tercatat maupun bagasi kabin adalah kewajiban yang harus dilaksanakan sesuai regulasi keamanan penerbangan, akan tetapi berdasarkan hasil pengawasan dilapangan ditemukan bahwa pemeriksaan keamanan penerbangan secara acak belum konsisten dilaksanakan. Dengan menggunakan sistem penghitung acak akan membantu memastikan terlaksananya pemeriksaan acak secara konsisten, karena dengan sistem penghitung acak maka petugas pemeriksa akan tahu kapan saatnya melaksanakan pemeriksaan acak harus dilakukan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif yang mencakup bahan dan alat, blok diagram, prinsip kerja alat, <em>flowchart</em> dan perancangan alat. Hasil ujicoba dengan metode ini menunjukan hasil yang memuaskan, petugas pemeriksa tidak perlu menghitung secara manual untuk menentukan bagasi mana yang harus diperiksa.</p> Joko Susanto Copyright (c) 2024 Joko Susanto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5036 Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Kebijakan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) di Kabupaten Brebes https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4984 <p>Pembangunan perumahan yang pesat pada Kabupaten Brebes menjadi latar belakang dalam diperlukannya studi Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) untuk mengetahui besaran dampak lalu lintas yang ditimbulkan oleh pembangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Implementasi Kebijakan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku khususnya untuk perumahan di Kabupaten Brebes; Menilai hambatan apa sajakah yang dihadapi pada implementasi kebijakan; dan Memberikan solusi strategis yang diprioritaskan dalam menghadapai hambatan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods yang menggunakan desain tipe explanatory yang termasuk dalam model sequential (urutan). Penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Brebes sudah melaksanakan tiap butir komponen peraturan dalam Implementasi Kebijakan ANDALALIN untuk perumahan namun terdapat beberapa kekurangan yang bersifat administratif dan dibutuhkan tindak lanjut. Tujuh aspek yang digunakan dalam mengevaluasi hambatan dalam implementasi kebijakan ini adalah Aspek Sosialisaai atau Forum, Aspek Standar Operasional Prosedur (SOP), Aspek Kewenangan Status Jalan, Aspek Website Andalalin, Aspek Sumber Daya Manusia (SDM), Aspek Monitoring dan Evaluasi, dan Aspek Sanksi. Dari hasil analisis yang dilakukan, hambatan dengan nilai prioritas tertinggi ada pada aspek Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu tingkat keterlibatan pihak terkait dalam menjalankan kebijakan ANDALALIN dimana solusi strategis yang diperlukan adalah penyelenggaraan pelatihan dan sosialisasi mengenai SOP secara teratur guna memastikan pemahaman dan penerapan yang konsisten.</p> Ikhsan Fauzi Gunawan Putra, Rachmat Mudiyono, Imam Wahyudi Copyright (c) 2024 Ikhsan Fauzi Gunawan Putra, Rachmat Mudiyono, Imam Wahyudi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/4984 Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000 Karakteristik Sifat Fisik dan Mekanis Batuan Kapur dengan Kadar Kalsium Karbonat di Desa Kaloy https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5086 <p>Di Desa Kaloy, ketersediaan batu kapur sangat melimpah. Batuan kapur termasuk batuan sedimen yang tersusun dari kalsium kalsit. Penentuan sifat fisik dan kandungan kalsium karbonat pada batu kapur sangat penting karena dengan mengetahui sifat-sifat dan kandungan kalsium karbonat pada batuan tersebut maka dapat ditentukan kualitas batuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisik,sifat mekanis serta kadar kalsium karbonat pada batuan kapur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh dari hasil uji Laboratorium. Hasil penelitian uji sifat fisik dari data menunjukkan Porositas 5.06 %, Kadar Air mencapai 1,16 % , Berat Jenis Asli dan Berat Jenis Jenuh mencapai 2.76 gr/cm dan 2.62 gr/cm, Densitas Asli, Densitas Kering, dan Densitas Jenuh mencapai 2.6 gr/cm. Hasil sifat mekanis yaitu uji kuat tekan di dapatkan rata-rata nilai kuat tekan sebesar 376.85 kg/cm, yang artinya dapat digunakan sebagai batu hias atau batu tempel. Kadar Kalsium Karbonat (CaCO3) pada batuan kapur desa Kaloy memperoleh rata rata 52% yang artinya menurut Standar Industri Indonesia (SII 05-0586-2007) batuan kapur desa Kaloy memenuhi standar dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan marmer.</p> <p><em> </em></p> Fitri Alia Natasya, Ellida Novita Lydia, Irwansyah Copyright (c) 2024 Fitri Alia Natasya, Ellida Novita Lydia, Irwansyah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5086 Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000 Abu Batu Kapur Sebagai Alternatif Filler dalam Campuran Aspal Beton untuk Lapisan Aus https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5096 <p>Menurut Persyaratan Umum Bina Marga tahun 2018, kualitas bahan sangat berpengaruh terhadap kualitas campuran aspal. Permintaan bahan jalan untuk campuran aspal di seluruh wilayah terus meningkat. Bahan pengisi untuk campuran aspal dapat diperoleh dengan memecah batuan alam dan buatan yang digunakan dalam berbagai lapisan perkerasan jalan. Penelitian ini menggunakan batu kapur dari Desa Kaloy, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Aceh Tamiang sebagai bahan pengisi dalam campuran AC-WC. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan abu batu kapur sebagai filler pada campuran AC-WC dengan variasi kadar filler sebesar 3%, 3,5%, 4%, 4,5%, dan 5% terhadap parameter uji marshall. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan data hasil pengujian laboratorium. Berdasarkan hasil uji marshall, penggunaan abu batu kapur sebagai bahan pengisi dengan kadar 4% dengan menggunakan kadar aspal optimum sebesar 5,77%, menghasilkan kombinasi yang memuaskan dan memenuhi Spesifikasi Bina Marga 2018 revisi 2 adapun diperoleh nilai stabilitas marshall sebesar 2780,08 kg, nilai aliran 3,9 mm, marshall 707,21 kg/mm, volume antar agregat (VMA) 15,05%, volume dalam campuran (VIM) 4,07%, dan volume yang diisi dengan aspal (VFB) mencapai 73,01%.</p> Roza Is Dayanti, Irwansyah, Wan Alamsyah Copyright (c) 2024 Roza Is Dayanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5096 Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000 Evaluasi Mutu Beton Proyek Pembangunan Gedung di Desa Pesagi Kabupaten Tabanan-Bali https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5175 <p>Pekerjaan beton struktural pada Mayakhosa Pesagi <em>Project </em>dalam Pembangunan Gedung <em>Soul Centre Healing &amp; Retreat</em> dikerjakan oleh PT. Karya Laksana Gemilang berdasarkan <em>job mix design</em> yang diterbitkan oleh Politeknik Negeri Bali dengan mutu beton rencana K-225 (<em>f’c</em>=18,68MPa). Analisis diperlukan untuk mendapatkan informasi mutu beton yang dikerjakan berdasarkan spesimen yang telah disiapkan. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi mutu beton yang dikerjakan berdasarkan SNI 2847:2019 pasal 26.12.3. Evaluasi mutu beton dilakukan berdasarkan 16 spesimen silinder 150x300mm yang disiapkan saat pengecoran, 8 spesimen pada Pelat Timur dan 8 lainnya dari Pelat Barat. Analisis penerimaan mutu beton yang dikerjakan mengacu pada 2 ketentuan dalam standar tersebut. Syarat pertama: mutu beton dapat diterima jika rerata kuat tekan 3 spesimen berurutan tidak boleh kurang dari <em>f’c</em> dan syarat kedua: untuk mutu beton sampai <em>f’c</em>=35MPa setiap spesimen tidak boleh memiliki kuat tekan lebih rendah (<em>f’c-</em>3,5)MPa. Hasil evaluasi menyimpulkan mutu beton hasil pengecoran Pelat Barat memenuhi K-225 sedangkan Pelat Timur tidak memenuhi, yang ditunjukkan oleh 2 spesimen tidak memenuhi kuat tekan yang disyaratkan. Tiga parameter penting untuk mencapai mutu beton yang disyaratkan yaitu: material yang sesuai rancangan, pelaksanaan yang benar dan sumberdaya manusia yang memadai.</p> Eka Partama I Gusti Ngurah, Ni Kadek Astariani, I Gusti Made Sudika, Ni Putu Silvi Copyright (c) 2024 Eka Partama I Gusti Ngurah, Ni Kadek Astariani, I Gusti Made Sudika, Ni Putu Silvi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/5175 Thu, 25 Apr 2024 00:00:00 +0000