Sejarah, Prinsip Dasar, Dan Kontribusi Aliran Humanistik Terhadap Psikologi
Keywords:
Humanistik, Sejarah, Teori, TokohAbstract
Teori humanistik memandang manusia sebagai subyek yang bebas merdeka untuk menentukan arah hidupnya. Manusia bertanggung jawab penuh atas hidupnya sendiri dan juga atas hidup orang lain. Tokoh utama dari teori humanistik ini adalah Carl Rogers yang menciptakan teori yang berpusat pada individu (person-centered theory), Arthur Combs yang menekankan pentingnya persepsi individu dalam proses belajar, dan Abraham Maslow yang mengembangkan hierarki kebutuhan yang mencakup kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri. Tujuan dilakukannya analisis teori ini adalah untuk mendapatkan wawasan mengenai sejarah, prinsip dasar, dan kontribusi aliran humanistik terhadap psikologi. Metode yang digunakan dalam menganalisis teori humanistik adalah literature review (LR) untuk dapat menyajikan penjelasan yang komprehensif mengenai sejarah, tokoh-tokoh utama, prinsip dasar, kontribusi, serta relevansi aliran humanistik. Teori humanistik dalam psikologi menempatkan manusia sebagai individu yang unik dengan potensi bawaan untuk berkembang, belajar, dan mencapai aktualisasi diri. Teori humanistik dapat dipelajari karena memberikan pandangan optimis tentang manusia, menekankan potensi, kehormatan, dan martabat individu untuk berkembang menuju kehidupan yang penuh makna dan kebahagiaan.
References
Alfaruqy M. Z. (2021). BUKU AJAR SEJARAH DAN ALIRAN PSIKOLOGI. Universitas Diponegoro.
Ekawati, M. & Yarni, N. (2019). TEORI BELAJAR BERDASARKAN ALIRAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASI PADA PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran Volume 2 Nomor 2.
Habsy, B. A., dkk., (2023). TEORI HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol: 1, No. 2.
Hasanah, W. O. & Haziz, F. T (2021). IMPLEMENTASI TEORI HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL. Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 2, No. 2.
Nast, T. P. J. & Yarni, N. (2019). TEORI BELAJAR MENURUT ALIRAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran Volume 2 Nomor 2.
Nilawati, N., Reski, N., & Nurbaya, S. (2021). LITERATURE REVIEW: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PSIKOLOGI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 293-303.
Perni, N. N. (2018). PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 3, Nomor 1.
Qodir, A. (2017). TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pedagogik, Vol. 04 No. 02.
Rahimi. (2022). APLIKASI TEORI HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Kajian Keislaman 9(1), 87-96.
Yunailis, M. (2019). KAJIAN TEORI HUMANISTIK MASLOW DALAM KURIKULUM 2013. Jurnal Kependidikan Islam Volume 9 Nomor 1, 2019 P-ISSN: 2086-6186
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Malini Kusumawardani, Ni Luh Krishna Ratna Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.