Mengkaji Kembali Aliran Kognitif: Kontribusi terhadap Pemahaman Sejarah dan Pendidikan

Authors

  • Maria Gracia Natalie Sihombing 2Program Studi Psikologi, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia
  • Anak Agung Ayu Gayatri Indah Apsari Biro Layanan Psikologi Umah Lentera

Keywords:

psikologi kognitif, teori belajar, pemrosesan informasi, pendidikan, sejarah psikologi

Abstract

Psikologi kognitif merupakan salah satu aliran utama dalam perkembangan ilmu psikologi yang berfokus pada proses mental internal, termasuk bagaimana individu memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menggunakan informasi. Aliran ini berkembang sebagai reaksi terhadap keterbatasan behaviorisme dalam menjelaskan perilaku manusia secara komprehensif, serta menekankan pentingnya pemahaman tentang aktivitas mental yang tidak dapat diamati secara langsung. Artikel ini mengkaji prinsip-prinsip dasar psikologi kognitif, seperti teori pemrosesan informasi, teori skema, serta teori belajar observasional, dan mengulas kontribusi penting dari tokoh-tokoh utama seperti Noam Chomsky, Jean Piaget, dan Albert Bandura. Selain itu, artikel ini menyoroti peran dan pengaruh aliran kognitif dalam konteks pendidikan dan pemahaman sejarah psikologi. Ditekankan pula penerapan psikologi kognitif dalam berbagai bidang kontemporer, termasuk pendidikan, kecerdasan buatan, dan intervensi terapeutik. Melalui pemahaman terhadap cara kerja pikiran manusia, psikologi kognitif tidak hanya memperluas kerangka teoretis dalam ilmu psikologi, tetapi juga memberikan kontribusi praktis yang relevan bagi kehidupan modern.

References

Alloway, T. P., & Alloway, R. G. (2018). Working Memory And Clinical Developmental Disorders Theories, Debates And Interventions (T. P. Alloway (Ed.)). Routledge.

American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders (4th Ed.). Washington, Dc: Author.

Aoliah, N., Usmaedi, U., & Sampurna, I. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Infografis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah, 12(2), 37–41. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.69744/Kamaca.V12i2.392

Brown, R. T. (2019). Exploring The Effects Of Social Media On Adolescent Behavior (Unpublished Master's Thesis). University Of California, Los Angeles, Ca.

Cowan, N. (2010). The Magical Mystery Four: How Is Working Memory Capacity Limited, And Why? Current Directions In Psychological Science, 19(1), 51–57. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1177/0963721409359277

Cuijpers, P., Quero, S., Noma, H., Ciharova, M., Miguel, C., Karyotaki, E., Cipriani, A., Cristea, I. A., & Furukawa, T. A. (2021). Psychotherapies For Depression: A Network Meta-Analysis Covering Efficacy, Acceptability And Long-Term Outcomes Of All Main Treatment Types. World Psychiatry, 20(2), 283–293. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1002/Wps.20860

Eysenck, M. W., & Keane, M. T. (2020). Cognitive Psychology A Student’s Handbook (8th Ed.). Psychology Press. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.4324/9781351058513

Freud, S. (1914). On The History Of The Psycho-Analytic Movement (J. Strachey, Trans.). Hogarth Press. (1955).

Friederici, A. D. (2020). Hierarchy Processing In Human Neurobiology: How Specific Is It? Philosophical Transactions Of The Royal Society Of London. Series B, Biological Sciences, 375(1789). Https://Doi.Org/10.1098/Rstb.2018.0391

Harmon-Jones, E. (2019). Cognitive Dissonance: Reexamining A Pivotal Theory In Psychology (2nd Ed.). American Psychological Association.

Hoy, A. W. (2019). Educational Psychology (Fourteenth). Pearson.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd Ed.). Cambridge University Press. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1017/9781316941355

Muzarohmah, I. D. A. (2021). Buku Teks Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas Xii: Kritisi Dominasi Aspek Kognitif Dalam Sumber Belajar Pada Kurikulum 2013. Historiography: Journal Of Indonesian History And Education, 1(1), 38–45. Https://Doi.Org/Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um081v1i12021p38-45

Nilawati, N., Reski, N., & Nurbaya, S. (2021). Literature Review: Faktor Yang Mempengaruhi Psikologi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jimpk: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 293-303.

Ormrod, J. E. (2020). Human Learning, 8th Edition (8th Ed.). Pearson.

Pinker, S. (2021). Rationality: What It Is, Why It Seems Scarce, Why It Matters. Penguin Publishing Group.

Rinholm, J. (2001). Classroom Behaviour Strategies: Helping Children Stay On Task. Diakses 28 Maret 2001 Dari Http://Members.Home.Net/Jrinholm/Tidbits/Offtask.Htm

Santrock, J. W. (2020). Educational Psychology (7th Ed.). Mcgraw Hill.

Schunk, D. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective (8th Ed.). Pearson.

Smith, J. A. (2020). The Impact Of Climate Change On Agricultural Practices. Journal Of Environmental Studies, 45(3), 123-135.

Smith, J. A. (2020). The Impact Of Climate Change On Agricultural Practices. Journal Of Environmental Studies, 45(3), 123-135. Https://Doi.Org/10.1234/Jes.2020.0045

Smith, J. A. (2020). Understanding Human Behavior. Oxford University Press.

Smith, J. A. (Ed.). (2020). Advances In Psychology. Oxford University Press.

Sternberg, R. J., & Sternberg, K. (2016). Cognitive Psychology (7th Ed.). Cengage Learning.

Tanjung, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Paramita: Historical Studies Journal, 25(2), 168–176. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Paramita.V25i2.5170

Willingham, D. T. (2021). Why Don’t Students Like School?: A Cognitive Scientist Answers Questions About How The Mind Works And What It Means For The Classroom (2nd Ed.). Jossey-Bass.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Sihombing, M. G. N., & Anak Agung Ayu Gayatri Indah Apsari. (2025). Mengkaji Kembali Aliran Kognitif: Kontribusi terhadap Pemahaman Sejarah dan Pendidikan. PsyEcho Journal of Psychology, 2(1), 18-23. Retrieved from https://journal.undiknas.ac.id/index.php/psyecho/article/view/6776

Issue

Section

Articles