Aliran Behaviorisme Dalam Ilmu Psikologi
Keywords:
aliran behaviorisme, pembelajaran sosial, penguatan, psikologi, stimulus-responsAbstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan memahami perkembangan aliran behaviorisme(aliran perilaku) dalam psikologi sebagai pendekatan objektif untuk menganalisis perilaku manusia yang teramati. Tujuan penelitian adalah mengkaji sejarah, prinsip dasar, tokoh utama, serta kontribusi aliran ini terhadap ilmu psikologi, khususnya dalam konteks pendidikan dan komunikasi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis sumber-sumber ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa behaviorisme, yang dipelopori oleh J.B. Watson, Ivan Pavlov, B.F. Skinner, E.L. Thorndike, dan Albert Bandura, menekankan hubungan stimulus(rangsangan) dan respons (tanggapan), penguatan (reinforcement), serta pembelajaran observasional (observational learning) sebagai dasar perubahan perilaku. Simpulan penelitian mengonfirmasi bahwa behaviorisme memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi pembelajaran terukur, seperti penerapan reward (hadiah) dan punishment (hukuman), serta pemodelan perilaku melalui media. Implikasi penelitian menyarankan integrasi prinsip behaviorisme dalam desain intervensi edukatif dan komunikasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
References
Nilawati, N., Reski, N., & Nurbaya, S. (2021). LITERATURE REVIEW: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PSIKOLOGI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 293-303.
Adi, H. M. M. (2019). Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 212-220.
ALWI, N. (2023). Teori Behaviorisme Burrhus Frederic Skinner dan Implementasinya dalam Meningkatkan Maharah Kalam. Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 161-171.
Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Halamury, M. F. (2019). Teori behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.
Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).
Harahap, A. P., Azmi, S., Baskoro, D. S., & Munthe, S. Y. (2023). Penerapan Teori Behavoir menurut JB Watson dalam Mengatasi Perilaku Mencontek pada Siswa. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 592-600.
Mustofa, G. (2022). The Teori Contiguity Edwin Ray Guthrie:(Teori Belajar Aliran Behavioristik Contiguous Conditioning Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah). EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 49-66.
Mu'minin, U., Apriliana, S., & Septiana, N. (2022). Konsep dan Karakteristik Psikologi Behaviorisme. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(2), 115-126.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran.
NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1).
Nurliasari, H., & Gumiandari, S. (2020). Keselarasan Dalam Teori Koneksionisme dan Prinsip Belajar Islam Serta Implementasinya Pada Remaja. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(5), 235-241.
Safaruddin, S. (2020). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2), 119-35.
Sulaswari, M., Faidin, N., & Sholeh, M. (2021). Teori Belajar Behaviorisme: Teori dan Praktiknya dalam Pembelajaran IPS. Al Hikmah: Journal of Education, 2(2), 131-144.
Zuhri, I., & Sumaryati, S. (2022). Tinjauan Aksiologi Terhadap Aliran Psikologi Behaviorisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 123-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dheswita Puspadewi, Anak Agung Ayu Nisha Amanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.