Teori Psikologi Kognitif
Keywords:
Pemrosesan Informasi, Proses Mental, Jean Piaget, Terapi Perilaku Kognitif, kognitifAbstract
Teori kognitif memusatkan perhatian pada proses mental internal yang kompleks, seperti cara individu memperoleh, menyimpan, mengolah, dan menggunakan informasi. Pendekatan ini memandang manusia sebagai entitas yang aktif memproses informasi, serupa dengan model komputer, di mana informasi dari lingkungan diterima, diolah, dan menghasilkan respons. Tokoh-tokoh seperti Jean Piaget memberikan kontribusi penting dalam perkembangan psikologi kognitif. Piaget mengemukakan teori perkembangan kognitif yang menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan pemikiran pada anak-anak, menekankan bahwa anak-anak secara aktif membangun pemahaman mereka tentang dunia. Teori ini berbeda dengan behaviorisme yang dipelopori oleh tokoh seperti John B. Watson dan B.F. Skinner, di mana psikologi dipandang sebagai studi tentang perilaku yang dapat diamati dan diukur, dengan menekankan pengaruh lingkungan (stimulus) terhadap respons dan mengabaikan peran proses mental internal. Psikologi kognitif telah memberikan pengaruh yang luas pada berbagai bidang dalam psikologi modern. Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah salah satu aplikasi penting dari prinsip-prinsip kognitif dalam psikoterapi.
References
American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.
Atkinson, R. C., & Shiffrin, R. M. (1968). Human memory: A proposed system and its control processes. In K. W. Spence & J. T. Spence (Eds.), The psychology of learning and motivation: Advances in research and theory (Vol. 2, pp. 89–195). Academic Press.
Baddeley, A. D. (2000). The episodic buffer: A new component of working memory? Trends in Cognitive Sciences, 4(11), 417–423. https://doi.org/10.1016/S1364-6613(00)01538-2
Brown, R. T. (2019). Exploring the effects of social media on adolescent behavior (Unpublished master's thesis). University of California, Los Angeles, CA.
Doe, J. (2020). Studi kognitif dalam psikologi. Repositori Universitas Malaysia Sabah. http://eprints.umsb.ac.id/289/1/Artikel.pdf
Freud, S. (1914). On the history of the psycho-analytic movement (J. Strachey, Trans.). Hogarth Press. (1955).
Neisser, U. (1967). Cognitive psychology. Appleton-Century-Crofts.
Nilawati, N., Reski, N., & Nurbaya, S. (2021). Literature Review: Faktor Yang Mempengaruhi Psikologi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 293-303.
Piaget, J. (1970). Psychology and epistemology: Towards a theory of knowledge. Viking Press.
Rinholm, J. (2001). Classroom behaviour strategies: Helping children stay on task. Diakses 28 Maret 2001 dari http://members.home.net/jrinholm/Tidbits/offtask.htm
Smith, J. A. (2020). The impact of climate change on agricultural practices. Journal of Environmental Studies, 45(3), 123-135.
Smith, J. A. (2020). Understanding human behavior. Oxford University Press.
Smith, J. A. (Ed.). (2020). Advances in psychology. Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vivienne Nathani Matheos, Ida Ayu Ketut Julya Arcani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.