Peran Attitude dan Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behavior Pada Live Shopping E-Commerce di Kabupaten Badung

Authors

  • Kadek Ratih Dyantari Universitas Udayana
  • I Made Jimi Natakusuma Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/psyecho.v1i2.6768

Keywords:

e-commerce, hedonic shopping value, impulse buying behavior, attitude

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying behavior dengan attitude sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Badung dengan pengguna live shopping e-commerce sebagai subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna layanan e-commerce di Kabupaten Badung yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti karena terus mengalami perubahan Teknik penetuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hedonic shopping value berpengaruh positif terhadap impulse buying behavior; 2) hedonic shopping value berpengaruh positif terhadap attitude konsumen; 3) attitude berpengaruh positif terhadap impulse buying behavior; 4) attitude mampu memediasi secara positif pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying behavior.

References

A Albayrak, T., Karasakal, S., Kocabulut, Ö., & Dursun, A. (2020). Customer Loyalty Towards Travel Agency Websites: The Role of Trust and Hedonic Value. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 21(1), 50–77.https://doi.org/10.1080/1528008X.2019.1619497

Annur, C. M., & Ahdiat, A. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Katadata.Co.Id.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Jumlah PenggunaInternet di Indonesia (2018-2022*)&text=Menurut laporan We Are Social,tercatat sebanyak 202%2C6 juta.

Parvez, M. H., & Iqbal, D. M. M. (2022). Attitude towards Online Buying Behaviors of People in Dhaka City in Bangladesh during Covid-19 Pandemic. International Journal of Special Education, January. https://doi.org/10.52783/ijse.v37i1.2

Tirtayasa, S., Nevianda, M., & Syahrial, H. (2020). The Effect of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle And Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(1), 18–28. https: //doi.org/1 0.30596/ij be.v2i1.5715

Yuwono, W., & Wiwi, J. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keinginan Konsumen untuk Melakukan Pembelian Online di Kota Batam. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 2207–2220.

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Dyantari, K. R., & Natakusuma, I. M. J. (2025). Peran Attitude dan Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behavior Pada Live Shopping E-Commerce di Kabupaten Badung. PsyEcho Journal of Psychology, 1(2), 63-67. https://doi.org/10.38043/psyecho.v1i2.6768

Issue

Section

Articles