Peran Attitude dan Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behavior Pada Live Shopping E-Commerce di Kabupaten Badung
DOI:
https://doi.org/10.38043/psyecho.v1i2.6768Keywords:
e-commerce, hedonic shopping value, impulse buying behavior, attitudeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying behavior dengan attitude sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Badung dengan pengguna live shopping e-commerce sebagai subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna layanan e-commerce di Kabupaten Badung yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti karena terus mengalami perubahan Teknik penetuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hedonic shopping value berpengaruh positif terhadap impulse buying behavior; 2) hedonic shopping value berpengaruh positif terhadap attitude konsumen; 3) attitude berpengaruh positif terhadap impulse buying behavior; 4) attitude mampu memediasi secara positif pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying behavior.
References
A Albayrak, T., Karasakal, S., Kocabulut, Ö., & Dursun, A. (2020). Customer Loyalty Towards Travel Agency Websites: The Role of Trust and Hedonic Value. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 21(1), 50–77.https://doi.org/10.1080/1528008X.2019.1619497
Annur, C. M., & Ahdiat, A. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Katadata.Co.Id.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Jumlah PenggunaInternet di Indonesia (2018-2022*)&text=Menurut laporan We Are Social,tercatat sebanyak 202%2C6 juta.
Parvez, M. H., & Iqbal, D. M. M. (2022). Attitude towards Online Buying Behaviors of People in Dhaka City in Bangladesh during Covid-19 Pandemic. International Journal of Special Education, January. https://doi.org/10.52783/ijse.v37i1.2
Tirtayasa, S., Nevianda, M., & Syahrial, H. (2020). The Effect of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle And Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(1), 18–28. https: //doi.org/1 0.30596/ij be.v2i1.5715
Yuwono, W., & Wiwi, J. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keinginan Konsumen untuk Melakukan Pembelian Online di Kota Batam. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 2207–2220.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kadek Ratih Dyantari, I Made Jimi Natakusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.