Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta <div style="text-align: justify;"> <p>Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Nasional, dengan terbitan berkala tiap bulan Juni dan Desember.</p> <p>Parta: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memuat artikel desiminasi hasil penelitian dan produk kreatif inovatif yang berguna bagi masyarakat. Parta: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, teknik, hukum, sosial humaniora, teknologi informasi dan multi disiplin ilmu. </p> </div> en-US lestarapermana@undiknas.ac.id (Gusi Putu Lestara Permana) journal@undiknas.ac.id (I Made Ardi Sudestra) Thu, 19 Dec 2024 06:35:47 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Literasi dan Pendidikan Melalui Pengembangan “E-Pustaka Blawi” Di Desa Blawi, Kabupaten Lamongan https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5504 <p>Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca remaja, anak-anak dan masyarakat pada umumnya. Skala target utama adalah Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas serta target sekunder adalah masyarakat Desa Blawi pada umumnya melalui perpustakaan digital (e-pustaka Blawi). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui demonstrasi dan sosialisasi literasi melalui perpustakaan digital. Pada program kegiatan ini, target literasi sangat antusias dan langsung menerapkan proses perpustakaan digital di smartphone masing-masing dibuktikan dengan jumlah akses sebesar 150 perangkat. Selain itu dengan adanya pelatihan ini masyarakat, remaja dan anak-anak dalam skala target menjadi berminat untuk membaca buku melalui literasi digital serta dapat memanfaatkan buku yang ada di Perpustakaan Desa Blawi khususnya dan buku-buku lain untuk dapat dibaca dan dipelajari oleh masyarakat remaja dan anak-anak dalam skala target.</p> Dewi Nawang Wulan, Muhammad Afif Hasbullah, Muhil Frido Heriyanto, Anggitsna Mujib Rabbani Copyright (c) 2024 Dewi Nawang Wulan, Muhammad Afif Hasbullah, Muhil Frido Heriyanto, Anggitsna Mujib Rabbani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5504 Thu, 19 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pelatihan Rancang Modul Ajar Berdiferensiasi Dengan Artificial Intelligence Untuk Guru Di Tasikmalaya https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5609 <p>Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan dasar menawarkan peluang besar bagi guru untuk merancang modul ajar yang lebih efektif dan sesuai kebutuhan siswa. Namun, di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, banyak guru masih menghadapi kendala dalam penerapan teknologi ini. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru SD setempat untuk menyusun modul ajar berbasis AI, dengan target peningkatan kemampuan sebesar 75% dalam keterampilan mendesain modul ajar berdiferensiasi sesuai kebutuhan siswa. Metodologi pelatihan meliputi perencanaan berbasis kebutuhan (needs assessment), pelaksanaan interaktif dengan simulasi langsung, dan evaluasi menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, serta wawancara mendalam. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan rata-rata skor pemahaman guru dari 40% menjadi 85%, dengan tingkat penerapan teknologi dalam modul ajar meningkat hingga 70% setelah pelatihan.</p> Erwin Rahayu Saputra, Rifqy Muhammad Hamzah, Srie Mulyati, Syaza Hazwati binti Zaini Copyright (c) 2024 Erwin Rahayu Saputra, Rifqy Muhammad Hamzah, Srie Mulyati, Syaza Hazwati binti Zaini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5609 Thu, 19 Dec 2024 00:00:00 +0000 Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Merek dan Pelatihan Pemasaran Digital Bagi UMKM Desa Warnajati Kec. Cibadak, Kab. Sukabumi https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5508 <p>UMKM Keripik Bapak Yudi dan Ibu Sarmilah di Desa Warnajati menghadapi penurunan penjualan karena minimnya pengetahuan tentang pemasaran digital. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan perubahan model promosi yang dapat membantu UMKM mempertahankan usaha mereka. Melalui perkembangan teknologi, media sosial menjadi pilihan yang populer dan berpotensi besar sebagai sarana promosi. Program pengabdian ini bertujuan memberikan wawasan tentang pentingnya media sosial untuk promosi, dengan pendampingan dalam desain dan inovasi merek. Metode yang digunakan adalah pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD), yang berfokus pada identifikasi, penguatan, dan pemanfaatan sumber daya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini meliputi peningkatan pemahaman pemilik UMKM tentang media sosial, terciptanya desain dan inovasi merek, pembuatan akun WhatsApp Business, serta peningkatan keterampilan dan penjualan produk mereka.</p> Chandra Ayu Pramestidewi, Titiek Tjahja Andari , Yulianingsih, Dina Selvia, Taristania Lupita, Riska Putri Yanti , Zeviana Copyright (c) 2024 Chandra Ayu Pramestidewi, Titiek Tjahja Andari , Yulianingsih, Dina Selvia, Taristania Lupita, Riska Putri Yanti , Zeviana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5508 Thu, 19 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pelatihan Penyusunan E-LKPD Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terintegrasi Wizer.Me di Sekolah Dasar https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5525 <p>Teknologi digital telah menjadi bagian integral dalam pendidikan, dan memberikan banyak manfaat seperti: kemudahan akses sumber informasi, meningkatkan keterlibatan peserta didik, memudahkan guru menyusun materi sesuai kebutuhan, dan penggunaan teknologi secara langsung mempersiapkan peserta didik untuk dunia kerja. Kegiatan observasi awal ditemukan berbagai permasalahan yang telah disepakati dengan mitra, yaitu: keterbatasan keterampilan memanfaatkan teknologi pembelajaran, minimnya pengetahuan terkait asesmen digital, hanya menggunakan sumber belajar dari buku teks sementara penyediaan buku teks IPAS masih terbatas, dan proyek yang dilakukan peserta didik tidak menggukan LKPD. Dengan demikian ditetapkan solusi permasalahan dengan melakukan pelatihan penyusunan E-LKPD teintegrasi wizer.me. Adapun mitra pada kegiatan ini yaitu guru-guru yang tergabung dalam KKG Gugus II Iskandar Muda Aceh Tamiang, dengan peserta kegiatan sejumlah 33 orang. Kegiatan dilakukan di SD Negeri 1 Karang Baru. Pelaksanaan PKM terdiri dari empat kegiatan, yaitu: bimbingan teknis, pelatihan penyusunan konsep IPAS pada LKPD menggunakan AI, pelatihan penyusunan E-LKPD terintegrasi wizer.me, dan monitoring evaluasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Kegiatan PKM ini merujuk pengabdian 4.0, serta mendukung pencapaian SDGs di bidang pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu: meningkatkan keterampilan pemanfaatan teknologi pembelajaran seperti menyusun E-LKPD terintegrasi wizer.me dan berbagai sumber belajar digital, serta menambah wawasan mitra terkait asesmen digital dan manfaatnya. Kegiatan pengabadian membuktikan bahwa 96,96% guru menyelesaikan produk E-LKPD yang terintegrasi wizer.me dengan baik. Selain itu, data respon menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi guru-guru sekolah dasar Aceh Tamiang, sehingga dapat direkomendasikan kepada guru dari sekolah lain untuk dapat memanfaatkan wizer.me sebagai platform penyusunan E-LKPD.</p> Maisarah, Cyndi Prasetya, Mulyani, Ika Meysari, Gadis Geubrina, Cut Kumala Sari Copyright (c) 2024 Maisarah, Cyndi Prasetya, Mulyani, Ika Meysari, Gadis Geubrina, Cut Kumala Sari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5525 Thu, 19 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pendataan Potensi SMKN 4 Sidrap Melalui Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5603 <p>Masalah yang ditemukan adalah berkurangnya minat siswa mendaftar di di SMKN 4 Sidrap .Tujuan pelaksanaan kegiatan untuk mengetahui lingkungan fisik dan non fisik SMKN 4 Sidrap; untuk mengetahui sikap dan pola tingkah laku siswa SMKN ; untuk mengetahui proses pembelajaran SMKN 4 Sidrap; untuk mengetahui kultur SMKN 4Sidrap; untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler SMKN 4 Sidrap; untuk mengetahui pendidik SMKN 4 Sidrap. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 24 Agustus 2024 sampai 9 September di SMKN 4 Sidrap. Masalah yang diangkat dalam kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendataan sekolah tentang keadaan fisik dan non fisik, sikap siswa, proses pembelajarn, kultur sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu observasi, wawancara, diskusi, dan dokumentasi kegiatan. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan mengkaji relevansi, efisiensi, efektivitas dan dampak suatu kegiatan dengan tujuan yang ingin dicapai. Monitoring dan evaluasi dimulai dari sosialisasi kegiatan pendampingan, perencanaan, pelaksanaan dan keberlanjutan terhadap perencanaan program. Kesimpulan dalam kegiatan ini memberikan informasi terbaru kepada pihak sekolah sehingga menjadi bahan evaluasi diri untuk peningkatan kavasitas dan sumber daya pada SMKN 4 Sidrap sehingga bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Output dari pengabdian ini berupa video profil sekolah yang dapat digunakan sebagai bahan promosi sekolah di media sosial.</p> Kamal, Syahrir L, Muhammad Hanafi, Muhammad Hizyam, Fatimah Azzahrah, Zulfahmi, Muhammad Ridwan Copyright (c) 2024 Kamal, Syahrir L, Muhammad Hanafi, Muhammad Hizyam, Fatimah Azzahrah, Zulfahmi, Muhammad Ridwan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5603 Thu, 19 Dec 2024 00:00:00 +0000 Edukasi Seks dalam Upaya Pendidikan Pra-Perkawinan bagi Generasi Muda Hindu Suku Madura Bongso Wetan https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5672 <p>Pendidikan tentang seks selalu dianggap tabu karena akan membahas tentang jenis kelamin atau hubungan intim. Namun hal ini justru wajib untuk diajarkan kepada generasi muda agar mereka mengetahui batasan-batasan, mampu menahan nafsu serta menjaga diri sebelum perkawinan. Edukasi seks yang diberikan bukan hanya tentang pendidikan seksual secara umum namun pendidikan seks menurut konsep ajaran agama Hindu. Edukasi Seks dilakukan dengan metode CBPR (Community-Based Participatory Research) dengan teknik dharmatula yaitu diskusi tanya jawab dua arah antara narasumber dan peserta di Balai Pertemuan Pura Kerta Bumi pada tanggal 7 Juli 2024. Peserta kegiatan adalah para remaja putra-putri Hindu Bongso Wetan yang sebagian merupakan pengurus dan anggota organisasi PERADAH (Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia). Materi yang disampaikan berfokus pada urgensi dan pentingnya edukasi seks diberikan kepada generasi muda serta konsekuensi yang diterima jika melanggar batasan-batasan. Adapun hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan yang didapat bahwa kegiatan ini begitu bermanfaat bagi para peserta, karena mendapatkan wawasan baru tentang hubungan seksualitas dan spiritualitas dalam ajaran agama Hindu. Edukasi seks dapat mengintegrasikan ajaran agama atau nilai-nilai lokal tentang kesucian, tanggung jawab, dan tujuan hidup yang lebih besar.</p> Ni Luh Putu Yuliani Dewi, I Nyoman Buda Asmara Putra, Roni Han Wasisto, I Nyoman Suka Ardiyasa, Putu Maria Ratih Anggraini Copyright (c) 2024 Ni Luh Putu Yuliani Dewi, I Nyoman Buda Asmara Putra, Roni Han Wasisto, I Nyoman Suka Ardiyasa, Putu Maria Ratih Anggraini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5672 Thu, 19 Dec 2024 00:00:00 +0000