PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET BANKING TERHADAP RASA AMAN, RASA PERCAYA DAN LOYALITAS NASABAH DALAM MENINGKATKAN SALDO BANK

Authors

  • Ida Ayu Santi Permanasari
  • Gede Sri Darma

DOI:

https://doi.org/10.38043/jmb.v10i1.258

Keywords:

internet banking, rasa percaya, rasa aman, loyalitas nasabah dan saldo bank

Abstract

PT. Bank Negara Indonesia (BNI), adalah salah satu bank pemerintah yang
perkembangan internet bankingnya cukup pesat. Tak dapat dipungkiri BNI mulai melejit
sejak memfasilitasi nasabahnya dengan layanan mobile banking dan internet banking. Untuk
digital brand sebagai bank umum konvensional menurut biro riset infobank, BNI berhasil
menduduki posisi kedua setelah BCA. Berkembangnya pengguna internet banking BNI
dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kemudahan dalam bertransaksi dan bisa
dilakukan dimana dan kapan saja.
Melihat gambaran diatas maka dilakukanlah penelitian ini, untuk mengetahui
pengaruh penggunaan internet banking terhadap rasa aman, rasa percaya dan loyalitas
nasabah, dimana nantinya akan berpengaruh dalam meningkatkan saldo bank khususnya di
BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Renon. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model
teoritis dengan mengajukan enam hipotesis, yang akan diuji dengan menggunakan Structural
Equation Model (SEM). Adapun responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah para
nasabah BNI yang menggunakan fasilitas internet banking, yang berjumlah 143 orang
responden.
Hasil dari pengolahan data SEM berdasarkan uji model penuh analisis goodness of fit,
terdapat dua kriteria yang memenuhi syarat yaitu Relatitive Chi-square = 1,895 dan RMSEA
= 0,079. Berdasarkam analisis model persamaan struktural diperoleh bahwa internet banking
berpengaruh positif signifikan terhadap rasa aman sebesar 0,774, internet banking
berpengaruh positif signifikan terhadap rasa percaya sebesar 0,676, internet banking
berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,255, rasa aman
berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,459, rasa percaya nasabah
berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,202, dan loyalitas
nasabah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap saldo nasabah sebesar 0,212. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet banking terhadap rasa aman, rasa percaya dan
loyalitas nasabah terhadap saldo bank, teruji kebenarannya.

Kata kunci : internet banking, rasa percaya, rasa aman, loyalitas nasabah dan saldo
bank.

Downloads

Published

2013-02-28

How to Cite

Santi Permanasari, I. A., & Sri Darma, G. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET BANKING TERHADAP RASA AMAN, RASA PERCAYA DAN LOYALITAS NASABAH DALAM MENINGKATKAN SALDO BANK. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 186-204. https://doi.org/10.38043/jmb.v10i1.258

Issue

Section

Articles