Dinamika Pembelian Ulang: Studi Kasus Smartphone Samsung
DOI:
https://doi.org/10.38043/jiab.v8i2.4638Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian UlangAbstract
Penelitian ini membahas keputusan pembelian ulang smartphone Samsung yang dipengaruhi beberapa variabel, tujuannya mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel harga, kualitas produk, serta kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian ulang smartphone merek Samsung. Populasi seluruh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah membeli ulang smartphone merek Samsung. Simple random sampling digunakan untuk menentukan pengambilan sampel dan menggunakan rumus Roscoe dalam penentuan jumlah sampel. Peneliti mengambil 100 sampel yaitu 100 orang masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta yang melakukan pembelian ulang smartphone merek Samsung. Skala Likert digunakan untuk mengukur pertanyaan kuesioner dalam mengumpulkan data pada penelitian. Memanfaatkan SPSS 25.0 untuk melakukan analisis regresi linear berganda pada data. Hasilnya Sig harga 0.002 < alpa 0.05 artinya harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ulang smartphone merek Samsung. Sig kualitas produk 0.086 > alpa 0.05 artinya kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan untuk membeli ulang smartphone merek Samsung. Sig kepuasan pelanggan 0.093 > alpa 0.05 artinya bahwa kepuasan pelanggan tidek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ulang smartphone merek Samsung. Bersama-sama, harga, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan mempengaruhi seseorang untuk membeli kembali ponsel dengan merek Samsung dengan nilai koefisien determinasi 0.611 yang artinya secara bersama-sama berpengaruh sebesar 61,1%.
Downloads
References
Akbar, N. F., & Nurcholis, D. L. (2020a). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Furniture Di Rangga Jaya Mebel Jepara). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951952., 972994. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimue/article/view/10558
Akbar, & Nurcholis. (2020b). PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITASPRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 972994.
Alam, I. K., & Sarpan, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Ulang Mazaya Dekoratif Dan Skincare Pada Toko Tangga Mas Tambun. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 284291. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2377
Fajar, S. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Kembali melalui Kepuasan Pelanggan Crunchaus Salads di Pakuwon Mall Surabaya. Agora, 7(2), 19.
Hudaya, A., Manajemen, P. S., & Buana, U. M. (2020). Analisa faktor yang mempengaruhi niat pembelian kembali pada private label. 6(01), 5976.
Nugrahanto, N. F. R., Farida, N., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Yamaha Vixion PT. Mataram Sakti Setiabudi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 178185.
Nur, A. (2018). Sejarah Samsung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.
Pawarti, G., Ngatno, N., & Hadi, S. P. (2022). Pengaruh Variasi Produk terhadap Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Supermaket Toko Pomo Boyolali). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 18. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33540
Pembelian, K., Dengan, U., & Konsumen, K. (2020). Nico Faal Akbar Dr.Lutfi Nurcholis,SE.,ST.,MM Programo Title. 972994.
Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN ULANG: PROMOSI , HARGA DAN PRODUK ( LITERATURE REVIEW PERILAKU KONSUMEN ). 3(5), 469478.
Prayoni, I. A., & Respati, N. N. R. (2020). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1379. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p08
Putri, L. H. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN. 1.
Rachmawati, D. F. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Tas Sophie Paris Di Pt. Pei Hai International Wiratama Indonesia). 926.
Rahayu, D. N., & Yusuf, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen pada Usaha Mini Market. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 215224.
Rohmah, A. F., & Asteria, B. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan Pada Toko Karpet Ab07 Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 6(1), 366382.
Saat, D. S., & Mania, D. S. (n.d.). Pengantar Metodologi Penelitian.
Safitri, R. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang.
Sagita, F. E., Ekonomi, F., Negeri, U., & Padang, U. N. (2012). Pengaruh brand image dan harga terhadap keputusan pembelian ulang produk kentucky fried chicken (kfc) di cabang basko grand mall oleh mahasiswa universitas negeri padang. Universitas Negeri Padang, 18.
Sofya, D. N., & Purwanto, S. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ulang Slai Olai. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(3), 28. https://doi.org/10.32503/jmk.v6i3.1871
Wahyudi, Y. H., Kristanti, D., & Nurbambang, R. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Bakpia Endous Kediri. Riset Bisnis Ekonomi, 1(1), 4867.
Winata, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 2532.
Yudiana, I. M., & Indiani, N. L. P. (2022). Peran Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Kembali di Bale Ayu Denpasar. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 21(1), 5563. https://doi.org/10.22225/we.21.1.2022.55-63
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suryanto, Beta Asteria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.