Analisis Penggunaan DANA sebagai Media Pembayaran Pajak

Authors

  • Ni Made Ayu Nadia Rasintya Putri Universitas Udayana
  • I Wayan Gde Wahyu Purna Anggara Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v8i1.4401

Keywords:

Technology Acceptance Model, DANA, MPN G-3, Dompet Digital

Abstract

Penggunaan sistem teknologi menjadi salah satu aspek yang semakin berkembang, khususnya pada penggunaan dompet digital DANA sebagai media transaksi pembayaran secara digital yang tergabung dalam Modul Penerimaan Negara Generasi ke-3. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis penggunaan DANA sebagai media pembayaran pajak melalui dua persepsi yani, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kegunaan sesuai dengan pendekatan dari teori Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan skema penyebaran kuesioner terhadap 385 sampel tenaga kerja di Bali yang telah memiliki NPWP serta mengetahui aplikasi DANA. Untuk analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji sobel dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi kemudahan melalui persepsi kegunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh secara simultan terhadap niat menggunakan DANA sebagai media pembayaran pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, H. M., Berakon, I., & Husin, M. M. (2020). COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia. Cogent Business & Management, Vol. 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1804181

Anggoro, A. (2019). Effects of Perceived Usefulness, Perceived of Use, and Perceived Value on Behavioral Intention To Use Digital Wallet (A Case Study of OVO User in Malang). Thesis, Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170371

Anjani, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Z Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. Jurnal Sahmiyya, 1(1), 124-134. https://doi.org/10.28918/sahmiyya.v1i1.5415

Ardianto, K., & Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13.

Armanditya, N., & Rahmiati, F. (2021). Use Intention of Fintech Services for e-wallet Users: An Examination with an Extended Technology Acceptance Model. In Proceeding of the International Conference on Family Business and Enterpreneurship, Vol. 1, No. 1. http://dx.doi.org/10.33021/icfbe.v1i1.1628

Asri, A. P. (2022). Students Perceptions of the DANA Applications Effectiveness Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedalogy (ROMEO), 1(3), 31-36. https://doi.org/10.55047/romeo.v1i3.216

Christopher, A., Tirtana, A., & Aditya, A. (2022). Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi BCA Mobile di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 452-459. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.2045

Davis, F. D. (1986). A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: theory and results, Doctoral Dissertation, Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology.

Davis F.D., P.R. Bagozzi, R.P. Warshaw, User acceptance of computer technology: a comparison of two theoretical models, Management Science 35 (8), 1989, pp. 982–1003.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Q. 13(3), 319

Deviani W. A., Kusumahadi, K., & Nurhazizah, E. (2022). Service Quality For Digital Wallet In Indonesia Using Sentiment Analysis And Topic Modelling. International Journal of Business and Technology Management, 4(1), 46-58. https://doi.org/10.55057/ijbtm.2022.4.1.6

Faizani, S. N., & Indriyanti, A. D. (2021). Analisis Pengaruh Technology Readiness terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention dari Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk Pembayaran Digital (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi e-Wallet Go-Pay, DANA, OVO. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 85-93.

Fajri, R. A., & Aziz, F. (2022). Analisis Minat Penggunaan Gopaylater Pada Aplikasi Gojek Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Di Kota Bandung (The Analysis Of Intention To Use Gopaylater On Gojek Application With Technology Acceptance Model (Tam) Approach In Bandung). eProceedings of Management, 9(4).

Farida, I., & Ardiansyah, W. (2022). Technology Acceptance Model Factors: Implications on Digital-Wallet on Interest to Buy in Franchise Business. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 2(2), 147-157. https://doi.org/10.52970/grmapb.v2i2.139

Fitriana, R., Safitri, S. T., & Wiguna, C. (2022). Faktor Penentu Penerimaan Teknologi Sistem Pembayaran Tagihan Bulanan melalui E-Marketplace Menggunakan Metode Combined-Theory of Planned Behaviour-Technology Acceptance Model (C-TPB-TAM). Network Engineering Research Operation, 7(1), 53-68. http://dx.doi.org/10.21107/nero.v7i1.318

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25.0: edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Granic, A., & Marangunic, N. (2019). Technology acceptance model in educational context: A systematic literature review. British Journal of Educational Technology, 50(5), 2572-2593.

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. 8(2): 171-184.

Ilham, M., & Zarnelly, Z. (2020). Analisis Penerimaan Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 58-62. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11549

Karsen, M., Chandra, Y. U., & Juwitasary, H. (2019). Technological Factors of Mobile Payment: A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science, Vol. 157, 489-498. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.004

Legi, D., & Saerang, R. T. (2020). the Analysis of Technology Acceptance Model (Tam) on Intention To Use of E-Money in Manado (Study on: Gopay, Ovo, Dana). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4). https://doi.org/10.35794/emba.8.4.2020.30951

Malonda, R. C., Tulung, J. E., & Arie, F. F. (2020). The Effect of Technology Acceptance Model, Perceived Trust, Security, and Attitude Towards OVO Usage. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1). https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27615

Marey, D. R., & Purwanto, E. (2020). Model Konseptual Minat Penggunaan E-Wallet: Technology Acceptance Model (TAM). Technology Adoption: A Conceptual Framework, 31-50.

Muliadi, M. L., & Japarianto, E. (2021). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Behavior Intention melalui Perceived Usefulness sebagai Media Intervening Pada Digital Payment OVO. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 20-27. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.20-27

Noviatun, O., & Riptiano, S. (2021). Menguji Intention to Use E-Wallet OVO Menggunakan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi( JIMMBA), 3(1), 193-201. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i1.777

Novyantri, R., & Setiawardani, M. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Dompet Digital Dana (Studi Pada Pengguna Dana). International Journal Administration Business & Organization, 2(3) 49-58.

Nuryasman, M. N., & Warningsih, S. (2021). Determining Factors of Digital Wallet Usage. Jurnal Manajemen, 25(2), 271-289. https://doi.org/10.24912/jm.v25i2.740

Pratiwi, A. P., & Sanulika, A. (2022). Kajian Tentang Perilaku Pengguna E-Faktur Web-based Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik, 17(2), 157-172. https://doi.org/10.25105/jipak.v17i2.9384

Pratiwi, D. S. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 76-84.

Primastiwi, A., Wardani, D. K., & Hermalia, H. (2020). Persepsi Kemanfaatan dan Kemudahan Wajib Pajak dalam Membayar PBB Menggunakan GO-PAY. Equity, 23(2), 137.

Purnama, M. P., & Sari, D. (2022). The Influence of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Perceived Risk on Continuance Intention at E-Wallet DANA in Bandung. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3), 20305-20319. https://doi.org/10.33258/birci.v5i3.6048

Rifah, S. (2019). Fenomena Cashless Society di Era Milenial dalam Perspektif Islam. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics. 2(1): 1-14.

Safroni, I., Hurriyanti, R., & Dirgantari, P. D. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) Toward “Dana” e-wallet Customer. Jurnal Minds: Manajemen, Ide, Inspirasi, 6(2), 181-192.

Sainang, S., & Aji, A. W. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepuasan Pengguna terhadap Minat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Menggunakan Shopeepay. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(1), 129-140. https://doi.org/10.26618/jrp.v4i1.6317

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. In Sugiyono, Metode Penelitian.

Sujatmiko, I. D., & Prismana, I. G. L. P. E. (2022). Implementasi Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi dan Trading Saham (Studi Kasus: Aplikasi Mobile IPOT). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(1), 35-44.

Tandy, A. D., & Hidayatullah, M. S. (2021). The Effect of User Experience on Donation Interest through The Digital Wallet Applications. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(1), 34-55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i1.2793

Taufan, A., & Yuwono, R. T. (2019). Analysis of factors that affect intention to use e-wallet through the technology acceptance model approach (case study: GO-PAY). International Journal of Science and Research (IJSRI), 8(7), 413-419.

Udayana, I. B. N., Cahya, A. D., & Aqdella, F. A. (2022). The Effect of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use on Behavioral Intention to Use Through the Intervening Attitude Toward Using Variables in the Study of Shopeepay e-wallet Services (Case study on ShopeePay Users in Yogyakarta). Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, (1), 29-40. http://dx.doi.org/10.26737/jtmb.v8i1.3144

Widodo, T., & Putri, S. F. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital LinkAja dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Bandung. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(2), 134-145. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.34462

Widono, Michelle, A., & dkk. (2018). Analyzing The Consumer Acceptance of Mobile Wallet Service in Manado (Case Study of Telkomsel T-Cash TAP). Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 4, 2789-2807. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21064

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

1.
Putri NMANR, Anggara IWGWP. Analisis Penggunaan DANA sebagai Media Pembayaran Pajak. j.ab [Internet]. 2023Jun.25 [cited 2024May13];8(1):40-8. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/4401

Issue

Section

Articles