Kebijakan Dividen Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Authors

  • I Ketut Sunarwijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Lisa Ernawatiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Agus Mahawerdi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v8i1.4048

Keywords:

Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen

Abstract

Dividen yang dibayarkan perusahaan tergantung kepada kebijakan dari masing-masing perusahaan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebjakan dividen yang diambil perusahaan maka dilakukan analisis dengan menggunakan variabel penelitian yaitu profitabilitas, kebijakan hutang, ukuran perusahaan, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kembali pengaruh profitabilitas, kebijakan hutang, ukuran perusahaan, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2019-2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dokumentasi dengan cara mengambil data laporan keuangan perusahaan perbankan dari situs BEI 2019-2021. Pemilihan periode 2019-2021 didasarkan pada keterpurukan kinerja sector perbankan karena terdampak kovid-19 yang juga mempengaruhi kebijakan dividen perusahaan. Metode penentuan sampel dari penelitian ini adalah Purposive Sampling yaitu metode penentuan sampel dengan menggunakan kritera-kriteria tertentu sesuai dengan kriteria penelitian. Untuk jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 13 sampel dengan total amatan sebanyak 39. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu profitabilitas berdampak positif terhadap kebijakan dividen, ukuran perusahaan berdampak positif terhadap kebijakan deviden, likuiditas berdampak positif terhadap kebijakan dividen, kebijakan hutang berdampak negatif terhadap kebijakan dividen serta pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen perusahaan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Liya, dan Andayani. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi. Volume 5 No. 10.

Andriyani, A. 2017. Pengaruh profitabilitas, likuiditas, growth dan institutional ownership terhadap kebijakan dividen dengan firm size sebagai variabel moderasi (Studi Pada Perusahaan Yang Tercatat di BEI Tahun 2011-2015. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Arifin, Samsul, and Nur Fadjrih Asyik. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth Potential, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi Vol. 4 No. 2.

Chaidir & Rita Taroreh. 2015. Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Foods And Beverages Yang Terdaftar di Bei Tahun 2010-2014). Jurnal Emba. 3.4: 215-225.

Dewi, Ni Wayan Trisna, and Ida Bagus Panji Sedana. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas Dan Pertumbuhan Terhadap Kebijakan Deviden di BEI. Dissertation. Universitas Udayana.

Herry. 2017. Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini Dalam Bidang Akuntansi Dan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Idawati, I. A. A., & Sudiartha, G. M. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaanterhadap Kebijakan Deviden Perusahaan Manufaktur di BEI. Doctoral dissertation. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana.

Ismiati, Putri Indah, and Tri Yuniati. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Hutang terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Jayanti, Kadek Windy Dwi, I. Ketut Sunarwijaya, and Made Santana Putra Adiyadnya. 2021. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan, Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Perbankan di Indonesia. Karya riset mahasiswa akuntansi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Jogiyanto. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi ke 10). Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. 2021. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

PT. Bursa Efek Indonesia. www.idx.co.id.

Putra, I. W. J., & Wiagustini, N. L. P. (2014). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahan. Doctoral dissertation. Universitas Udayana.

Putri, Ayu Rahmania. 2017. Pengaruh Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Likuiditas, Dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Ratnasari, Putu Sri Puspytha, and Ni Ketut Purnawati. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Manajemen. Vol 8 No. 10, pp. 6179-6198.

Riski Aries Safitri. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Automotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang

Safrida, E. 2014. Profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan deviden pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan. Vol. 2 No. 1, pp. 289-299.

Sari, Novita, Komang Ayu, and Luh Komang Sudjarni. 2015. Pengaruh likuiditas, leverage, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di BEI. Dissertation. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana.

Setiawati, Loh Wenny, and Lusiana Yesisca. 2016. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Utang, Collateralizable Assets, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Jurnal Akuntansi. Vol.10 No.1, pp. 52-82.

Silaban, Dame Prawira, and Ni Ketut Purnawati. 2016. Pengaruh profitabilitas, struktur kepemilikan, pertumbuhan perusahaan dan efektivitas usaha terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur. Jurnal Manajemen. Universitas Udayana. Vol.5 No. 2, pp. 1251-1281.

Supriyanto. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Growth Opportunities, Expected Dividend Dan Total Asset Turn Over Terhadap Kebijakan Dividen. Studi Empiris. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

1.
Sunarwijaya IK, Ernawatiningsih NPL, Mahawerdi IKA. Kebijakan Dividen Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. j.ab [Internet]. 2023Jun.25 [cited 2024Jun.18];8(1):49-5. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/4048

Issue

Section

Articles