PERAN LOKASI, VARIASI PRODUK, DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v7i2.3450

Keywords:

Lokasi, Variasi Produk, Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian

Abstract

Peran Lokasi, Variasi Produk, dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Pembatasan mobilitas masyarakat selama pandemi Covid 19 berkontribusi terhadap semakin meningkatnya permintaan masyarakat terhadap produk perawatan tubuh dan kosmetik. Hal ini diikuti dengan semakin meningkatnya penawaran produk kosmetik di pasaran. Dengan kuantitas penawaran yang meningkat signifikan, persaingan menjadi semakin ketat di industri ini. Hal ini melatarbelakangi penelitian ini untuk menganalisis peran lokasi, variasi produk, dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk kosmetik di area Bali. Sampel penelitian sebanyak 210 responden. Pengumpulan data mempergunakan metode survey dan analisis data mempergunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa lokasi, variasi produk dan ekuitas merek mampu meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk kosmetik. Pada aspek lokasi, pemasar perlu memastikan kelancaran akses, lalu lintas, dan kenyamanan lingkungan toko ritel. Pada aspek variasi produk, pemasar perlu memastikan keragaman produk yang ditawarkan, variasi kualitas produk yang ditawarkan, ketersediaan produk dan macam merk yang dipasarkan. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan ekuitas merek adalah kesadaran merek, kesan merek, kesan kualitas dan loyalitas merek.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ni Luh Putu Indiani, Universitas Warmadewa

Economic Faculty, Warmadewa University

Lecturer

References

Amballia, R., & Saputri, M.E. 2021. “Pengaruh kualitas produk, service, lifestyle, dan beauty advisor terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah di indonesia”. e-Proceeding of Management 8 (1), 3617-3625.

Arifa, N., Hartono, H. & Robustin, T. P. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga serta Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah.” Jurnal Riset Manajemen 1(1), 54–63.

Azizah & Prasetyo, D. 2021. “Pengaruh lokasi dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada toko gramedia exhibition sampit.” E-Jurnal Profit (jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan) 6(2), 2503-4901.

Djamin, Z. 2020. “Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen toko ramona Palembang.” Consumers Purchasing Decision 10 (1), 317-328.

Ekasari, R., & Putri, T.A. 2021. “Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMAHA, 266-277.

Ferrinadewi, E. 2011. “Merek dan Psikologi Konsumen.” Jakarta: Graha Ilmu.

Fikri, M.I., Hartini, S., & Hayati, Y.H. 2021. “Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian kopi pada kafe kongkouw coffee.” Manajemen 6 (1), 1-16.

Hidayat. 2020. “Pengaruh lokasi, kelengkapan produk dan harga terhadap keputusan pembelian.” [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Kotler, P., & Keller, K. 2016. “Marketing Management 14th Edition.” Pearson Prentice Hall.

Mahasa, R. 2020. “Pengaruh varian produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk pupuk pada pusri mart Palembang.” [Skripsi]. Universitas Tridinanti Palembang.

Marantika, W., & Sarsono. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Pengunjung Toko Amigo Pedan.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship 10 (1), 114 – 127.

Maria, P., & Pandoyo. 2020. “Pengaruh atribut halal terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah (survey pada karyawan PT. Barclay Products Jakarta).” Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial 1(1), 40-47.

Mustofa, M.A., & Affandi, A. 2021. “Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mobil jaguar dan land rover pada PT. Wahana auto mandiri di jakarta.” Tadbir Peradaban 1(1), 48-53.

Nasution, M. F. 2021. “Pengaruh harga, kelengkapan produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di 212 mart.” [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Noviyanti. 202). “Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada alfamart cabang Cipondoh.” Journal of Economic, Management, Accounting and Technology 4 (1), 43-54.

Nurlia, L. 2020. “Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pengunjung di minimarket menggunakan metode regresi linier.” Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2(3), 1-12.

Prihantoko, V. B. 2021. “Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada konsumen allyamart grosir dan eceran buntu banyumas).” [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Putra, R. 2020. “Pengaruh lokasi, persepsi harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian rumah.” [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/18874/1/16510058.pdf

Rofik, M., & Abrar, U. 2019. “Peningkatan kualitas layanan, kelengkapan produk dan citra perusahaan sebagai upaya memaksimalkan kepuasan konsumen pada toko el malik Kabupaten Sumenep.” Bisnis & Akuntansi 9 (2), 110-126.

Rosmaniar, W. K. 2020. “Pengaruh citra merek, diskon, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian (study kasus swalayan chandratanjung karang).” Entrepreneur dan Bisnis 1 (2), 107-113.

Sari, I., & Hidayat, R. 2020. “Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Bang Faizs.” Journal of Trends Economics and Accounting Research 1(2), 74-81.

Shomad, M. 2021. “Analisis harga dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian susu kental manis frisian flag.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1), 779-791.

Sugiyono. 2014. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Susanti, N.K.D., Susanti, P.H., & Suputra, G.A. 2021. “Pengaruh lokasi, kelengkapan produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada alfamart Blahkiuh di Kabupaten Badung.” Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata 1 (1), 144-163.

Tjiptono, F. 2016. “Service, Quality & Satisfaction.” Yogyakarta: Andi.

Widodo, P. R. 2021. “Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada toko photocopy nirwana Ponorogo.” [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo.

Yuliana, E. 2019. “Pengaruh lokasi dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian produk buku pada konsumen gramedia bigmall Samarinda.” eJournal Administrasi Bisnis 7(3), 1162-1171.

Zulkifli, A., & Anah, L. 2021. “Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di B2 Variasi Motor Jombang.” Journal of Business and Innovation Management 3 (3), 259-270.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

1.
Indiani NLP. PERAN LOKASI, VARIASI PRODUK, DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. j.ab [Internet]. 2022Dec.25 [cited 2024Apr.19];7(2):158-65. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/3450

Issue

Section

Articles