PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN “SAK EMKM” SEBAGAI SISTEM PENGEMBANGAN KINERJA KEUANGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM SARI MINA AYU)

Authors

  • Ni kadek Ayu Trisnadewi STIE Satya Dharma Singaraja
  • Luh Putu Purnami STIE Satya Dharma Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v7i1.3404

Keywords:

Laporan Keuangan, SAK EMKM

Abstract

Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan “SAK EMKM Sebagai Sistem Pengembangan Kinerja Keuangan Di Tengah Pandemi Covid-19“ (Studi Kasus Pada UMKM Sari Mina Ayu) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) pada UMKM Sari Mina Ayu. Subjek dari penelitian ini adalah UMKM Sari Mina Ayu sedangkan objek nya adalah penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemilik UMKM Sari Mina Ayu tidak menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Pencatatan dan penyusunan transaksi penerimaan, dan pengeluaran kas dilakukan masih sangat sederhana. (2) UMKM Sari Mina Ayu tidak menerapkan SAK EMKM karena kendala (a) Sumber Daya Manusia (SDM) dalam keuangan, (b) Ketidaktahuan keberadaan SAK EMKM. Penyusunan laporan Keuangan sesuai dengan SAK EMKM Pada UMKM Sari Mina Ayu terdiri dari Laporan Posisi Keuangan Bulan April 2021 menunjukkan total aset Rp13.800.000 serta jumlah liablitas dan ekuitas Rp13.800.000. Laporan Laba Rugi menunjukkan laba bersih sebesar Rp2.850.000 dan Catatan atas laporan keuangan (CALK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Andi

DSAK IAI (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Ikatan Akuntansi Indonesia

Hans Kartikahadi, dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Edisi kedua Buku 1. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Hermawan Sigit, dkk. 2016. Pengantar Akuntansi 2. Indomedia Pustaka. Sidoarjo. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).2016. Standar Akuntansi Keuangan revisi 2016.

Salemba Empat. Jakarta

Kasmir.2013. Analisis Laporan Keuangan . Jakarta: Rajawali Pers

Lestari, Rizka Dwi.2017. Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro,Kecil dan Menengah pada Emma Salon. Surabaya.

Muchid, Abdul.(2015). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK – ETAP) (Kasus pada UD. Mebel Novel’l di Banyuwangi). Jember: Universitas Jember.

NurLaila.2018. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah pada Sukma Cipta Ceramic Dinoyo Malang. Malang.

Salmiah Neneng, dkk.2015. Analisis Penerapan Akuntansi Dan Kesesuaiannya Dengan Standar Akuntansi Keuangan Tanpa Akuntabilitas Publik (Pada UMKM di Kecamatan Sukajadi Binaan Diskop & UMKM Kota Pekanabaru.

Saptantinah, Dewi. 2010. Perlunya Penerapan Sistem Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Bengkel Aksesoris dan Variasi Goro Profesional di Jalan Bayangkara, Solo).Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Solo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

1.
Ayu Trisnadewi N kadek, Purnami LP. PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN “SAK EMKM” SEBAGAI SISTEM PENGEMBANGAN KINERJA KEUANGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM SARI MINA AYU). j.ab [Internet]. 2022Jun.25 [cited 2022Dec.6];7(1):106-14. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/3404

Issue

Section

Articles