PENGARUH PENERAPAN E-SAMSAT, KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Kadek Wulandari Laksmi P Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Made Lira Amerti Putri Darsana Universitas Pendidikan Nasional
  • I G.N. Oka Ariwangsa Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v7i1.3401

Keywords:

E-samsat, Kualitas Pelayanan, Sosialisasi, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Pajak daerah merupakan sumber penerimaan daerah. Salah satu jenis dari pajak daerah adalah pajak kendaraan bermotor. Berdasarkan data di kota Denpasar, jumlah pembayaran pajak pada tahun 2020 menurun dan jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-samsat, kualitas pelayanan perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak di Kota Denpasar. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan data primer berupa kuesioner. Teknik Accidental Sampling Pengambilan sampel pada wajib pajak di Kantor SAMSAT Denpasar. Sampel berdasarkan rumus Slovin dan mendapatkan 100 responden. Analisis regresi linier berganda merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan program SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-samsat, kualitas pelayanan pelayanan perpajakan dan sosialisasi perpajakan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepatuhan wajib pajak di Kota Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N. S., & Putra, R. E. (2019). Pengaruh Kesadaran Masyrakat , Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Kota Denpasar. Measurement, 13(1), 57–64.

Ananda, D. R. P., Kumadji, S., & Husaini, A. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 6(2), 274–282.

Aprilianti, A. A. (2021). 21405-59346-1-Sm. ASSETS, 11(1), 1–20.

Dewi, I. G. A. M. R., & P, K. W. L. (2019). Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 50. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2151

Heider, F. (2013). The Psychology of Interpersonal Relations. The Psychology of Interpersonal Relations. https://doi.org/10.4324/9780203781159

Jotopurnomo, C., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak , Kualitas Pelayanan Fiskus , Sanksi Perpajakan , Lingkungan Wajib Pajak Berada terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1(1), 49–54.

Lianty, R. A. M., & Kurnia, D. W. H. (2017). Pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak. 9(2), 55–65.

Megayani, N. K. M., & Noviari, N. (2021). Pengaruh Program E-SAMSAT, SAMSAT Keliling, dan Kepuasan Wajib Pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 1936. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i08.p05

Tiraada, T. A. . (2013). No Title. Jurnal EMBA, 1(3), 999–1008.

Wardani, D. K., & Juliansya, F. (2018). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika Vol. 15 No. 2 Tahun 2018. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Akmenika, 15(2).

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15. https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.253

Winerungan, O. L. (2012). No Title. 1(3), 960–970.

Wuryanto, L., Sadiati, U., & Afif, M. . (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pbb. Jurnal AKUNIDA, 5(2), 15–31. https://doi.org/10.25273/inventory.v5i1.8615

Yusuf Kastolani, O. J., & Ardiyanto, M. D. (2017). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dan Pemeriksaan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan. Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 669-679. Retrieved

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

1.
Laksmi P KW, Darsana NMLAP, Ariwangsa IGO. PENGARUH PENERAPAN E-SAMSAT, KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KOTA DENPASAR . j.ab [Internet]. 2022Jun.25 [cited 2022Dec.6];7(1):150-7. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/3401

Issue

Section

Articles