PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), DAN BUDAYA TRI HITA KARANA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOTA DENPASAR

Authors

  • luh putu mela dewanti Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
  • Made Mulyadi Universitas Pendidikan Nasional Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v4i2.2307

Keywords:

Akuntansi

Abstract

Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG), Dan Budaya Tri Hita Karana Terhadap Kinerja Keuangan Di Koperasi Simpan Pinjam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan corporate social responsibility (CSR), good corporate governance (GCG), dan budaya tri hita karana terhadap kinerja keuangan di koperasi simpan pinjam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu koperasi simpan pinjam di Kota Denpasar sebanyak 109 koperasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 52 koperasi dan pengambilan sampel ini menggunakan metode cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni melalui analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa corporate social responsibility (CSR), good corporate governance (GCG), dan budaya tri hita karana berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja keuangan koperasi simpan pinjam di Kota Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

luh putu mela dewanti, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar

Mahasiswa undiknas

Made Mulyadi, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar

Dosen undiknas

References

REFERENSI

Arjasa, Made Haryani Giri. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Keuangan Lembaga Perkreditan Rakyat (LPD) Kecamatan Kuta Selatan. Skripsi (tidak diterbitkan). Denpasar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Bambang Supomo dan Indriantoro, Nur. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE: Yogyakarta.

Fahmi, Irham. 2017. Analisis Kinerja Keuangan. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Hamdani. 2016. Good Corporate Governance: Tinjauan Etika dalam Praktik Bisnis. Mitra Wacana Media: Jakarta.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Mahendra, Rendi. 2006. ISO 26000 sebagai Standar Global dalam Pelaksanaan CSR. (Internet). Tersedia di: https://isoindonesiacenter.com/sekilas-tentang-iso-26000/

Setyawan, Komang Meitradi, dan Putri, I Gusti Ayu Made Asri Dwija. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Lembaga Pekreditan Desa Di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.5, No.3, p 586-598.

Prabowo, M.S. 2018. Dasar-Dasar Good Corporate Governance. UII Press: Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Gava Media: Yogyakarta.

Putri, I Gusti Ayu Made Asri Dwija, Ulupui, I G.K.A., & Wirawati, Ni Gusti Putu. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Budaya Tri Hita Karana Pada Kinerja Bank Pekreditan Rakyat. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis. P 17-24. (Diakses 17 Februari 2017).

Samosir, D.C.V. 2016. Perkembangan Koperasi Simpan Pinjam Wisuda Guna Rahara Di Kota Denpasar. E-Jurnal Humanis Fakultas Sastra Dan Budaya Unud. Vol.15, No.2, pp 15-21.

Sitio, A., dan Tamba, H. 2001. Koperasi: Teori dan Praktik. Erlangga: Jakarta

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suparsabawa, I. N. R., & Kustina, K. T. 2018. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dan Budaya Tri Hita Karana Terhadap Kinerja Manajerial Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Jurnal Riset Akuntansi (Juara), 8(1), 58-68.

Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Sinar Grafika Offset: Jakarta.

Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Paramita: Surabaya.

Downloads

Published

2020-04-23

How to Cite

1.
dewanti luh putu mela, Mulyadi M. PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), DAN BUDAYA TRI HITA KARANA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOTA DENPASAR. j.ab [Internet]. 2020Apr.23 [cited 2024Apr.26];4(2):235-47. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2307

Issue

Section

Articles