FIRM SIZE, GROWTH, MEDIA EXPOSURE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Authors

  • Ni Wayan Sri Rahayu Darmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar
  • Anak Agung Ngurah Oka Suryadinatha Gorda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v3i2.2118

Abstract

Firm Size, Growth, Media Exposure and Corporate Social Responsibility of Manufacturing Companies. This study aims to determine the effect of Firm Size, Growth, Media Exposure and Corporate Social Responsibility on Manufacturing Companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2017. The sample selection uses purposive sampling, which is as many as 100 samples of manufacturing companies. To measure the hypothesis is done by t test and f test. The data analysis technique used in this study is the classic assumtion test and multiple linear regression test. In addition, all variables are declared free of interference from existing classical assumptions. From the results of multiple linear regression tests the results of the f test are 78.906 with a significant value of 0.000 or <0.05. This means Firm Size, Growth and Media Exposure to Corporate Social Responsibility in Manufacturing Companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2017 have a significant simultaneous effect. Partial testing shows that all independent variables have a significant effect on Corporate Social Responsibility.

Keywords: Firm Size, Growth, Media Exposure, Corporate Social Reponsibility

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony dan Govindarajan. 2005. Sistem Pengendalian Manajemen, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Arviansyah, Yandri. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)”. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ashsifa, I. 2016. “Pengaruh Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Brigham, Eugene.F dan Joel F. Houston. 2009. Dasar- dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10.Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. www.idx.co.id, Sumber Data

Crowther, D. 2008. Corporate Social Responsibility. Guler Aras & Ventus Publishing ApS.

GAD Indraswari dan IBP Astika. 2015. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Saham Publik terhadap Pengungkapan CSR”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23 edisi 8. Penerbit : Universitas Diponegoro. Semarang.

Godfrey, et all. 2010. accounting theory 7th edition. Australia: John Wiley & Sons Australia. Ltd.

Hadi, N. 2011. Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu. Yogyakarta.

H Hasnia dan S Rofingatun. 2017. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Social”. Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah Vol. 12 No. 1 Mei 2017.

Ratnasari,Y. 2012. Pengaruh Corporate Governanace terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di dalam Sustainability Report. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Rindawati, Wahyu Meita dan Nur Fadjrih Asyik. 2015. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Kepemilikan Publik terhadap Pengungkapan CSR”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 4 No. 6.

Sembiring, E. R. 2005. “Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta”. Simposium Nasional Akuntansi VIII.

S Sukerti, N Hidayati dan MC Mawardi. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Growth terhadap Pengungkapan Tanggung Jawal Sosial Perusahaan.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tagor dan A Yuliana. 2018. “Pengaruh Return On Assets, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Ekonomi Vol. 1 No. 3 Februari 2018.

W Hastuti. 2014. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Tipe Industri terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. Jurnal Akuntansi Vol. 2 No. 3.

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

1.
Darmayanti NWSR, Suryadinatha Gorda AANO. FIRM SIZE, GROWTH, MEDIA EXPOSURE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. j.ab [Internet]. 2019Jun.12 [cited 2024Jul.12];3(2):145-52. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2118

Issue

Section

Articles