PENTINGNYA SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA SRC GURDA KENCANA (STUDI KASUS PADA UMKM)

Authors

  • Ragil Wahyuningtiyas Semarang
  • Hesti Wahyu Windari Sragen
  • Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v6i1.3043

Abstract

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat, apalagi untuk saat ini banyak sekali usaha kecil dan menengah yang menggeluti berbagai bidang. Termasuk rumah makan, dagang, produksi dan lain-lain, mulai dari dalam dan luar negeri. Setiap pengelola  usaha selalu dituntut agar mengelola usahanya dengan baik dan berkualitas. Upaya yang dapat dilakukan oleh pengelola usaha untuk dapat mengelola usahanya dengan maksimal adalah dengan salah satunya menerapkan pengendalian sistem manajeman yang terkendali. Sistem pengendalian manajemen dapat juga dijelaskan seperti siklus  yang menjamin bahwa pengelolaan usaha yang meliputi sumber daya manusia, bahan baku dan pemasaran yang dialokasikan agar mencapai tujuan dalam suatu usaha. Alasan penelitian ini adalah untuk menguji pentingnya sistem pengendalian manajemen dalam upaya meningkatkan daya saing pada SRC. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemilik usaha dalam mengelola usahanya sudah menerapkan sistem pengendalian manajemen dengan baik sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha lain.

Kata kunci : sistem pengendalian manajemen, daya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-03

How to Cite

1.
Wahyuningtiyas R, Windari HW, Utomo B. PENTINGNYA SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA SRC GURDA KENCANA (STUDI KASUS PADA UMKM). j.imb [Internet]. 2021Aug.3 [cited 2024Mar.28];6(1):33-40. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3043

Issue

Section

Articles