PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN GO-JEK DI DENPASAR

Authors

  • I Putu Dharmawan Pradhana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Yunia Sallyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

Abstract

Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Jek di Denpasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness, perceived quality, dan word of mouth terhadap keputusan penggunaan layanan GO-JEK di Denpasar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan GO-JEK di Denpasar. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling. Ada 112 responden untuk penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen dan uji F untuk mengetahui pengaruh semua variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan, variabel perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan, kesadaran merek, kualitas persepsi, dan dari mulut ke mulut. secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan keputusan.

Kata kunci: kesadaran merek, persepsi kualitas, dari mulut ke mulut, menggunakan keputusan, layanan GO-JEK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D.1989. Managing Assets and Skills: The Key to Sustainable Competitive Advantage. California Management Review.

Aaker, D.1991. Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name. New Year: Free Press.

Alpita, R.2015. Pengaruh Word of Mouth dan Customer Community Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Yamaha Vixion di Bangkinang Kota. Jom Fisip Vol.2.

Andoko, J., & Devina, P. 2015. Analisis Pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi, Lokasi) Terhadap Minat Beli Konsumen pada Guest House di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 55-69.

Ariyan, H.2013. Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen Atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Minuman Aqua di Kota Padang. Journal Management, 2, 4-5.

Babin, J., & Barry. 2005. Modeling Consumer Satisfaction and Word of Mouth: Restaurant Patronage in Korea. The Journal of Services Marketing, 9, 133-139.

Basu, S., & Handoko, T. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Cooper, D., & Schindler, P. 2006. Business Research Methods. New York: McGraw-Hill International.

Durianto, D., Sugiarto, & Budiman, L. 2004. Brand Equity TIn. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, dkk, D. 2004. Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D., & Porter, D. 2012. Dasar-Dasar Ekonometrika (5 ed.). (R. C. Mangunsong, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.

Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. 2010. Multivariate Data Analysis. New Jersey: Prentice Hall.

Hartiningtiya, A., & M. Assegaff. 2010. Analisis Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Ekobis Vol. 11, 500-507.

Husein, U. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran (11 ed.). (B. Molan, Trans.) Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. K. 2009. Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Lampe, J. Y. 2018. Strategi Digital Marketing, Word of Mouth (WOM), Service Quality Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa GO-JEK di Wilayah Denpasar . Skripsi.

Oktavianto, Y. 2013. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian: Konsumen Pada Usaha Mie Ayam Pak Agus di Kota Batu. Jurnal Manajemen Bisnis, 67.

Olson, J. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Pamungkas, B. 2016. Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Komunikasi, 145-160.

Purwanto, & Sukirno, Z. L. 2014. Komunikasi Bisnis: Perspektif Konseptual dan Kultural: Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso, S. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Parametik. Jakarta: PT. Elex Media Kumputindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sunyoto, D. 2013. Perilaku Konsumen: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen: Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Suryani, T. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tslotsou. 2003. The Role of Perceived Product Quality and Overall Satisfaction on Purchase Intention. International Journal of Consumer Studies, 30 (2).

Wahana, H. 2015. Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Generasi Millennial dan Budaya Sekolah Terhadap Ketahanan Individu . Jurnal Ketahanan Nasional, 14.

Walidah, I. 2017. Tabayyun di Era Generasi Millennial. Jurnal Living Hadis, 344.

Zeithaml, L., Valerie, A., Parasuraman, A., & Leonardo, B. L. 1988. Servqual a multiple-item scale for measuring consumer perception of service quality. Journal of Retailing, 12-37.

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

1.
Pradhana IPD, Sallyana Y. PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN GO-JEK DI DENPASAR. j.imb [Internet]. 2019Jun.12 [cited 2024Apr.24];3(2):124-3. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2117

Issue

Section

Articles