PENGARUH PERSONAL SELLING, PRICE DISCOUNT, DAN BONUS PACK PROGRAM TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN PRODUK ORIFLAME PADA PT ORINDO ALAM AYU DI KOTA DENPASAR

Authors

  • I Putu Dharmawan Pradhana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Dewa Ayu Martini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

Abstract

Pengaruh Personal Selling, Price Discount dan Bonus Pack Program Terhadap Perilaku Impulse Buying Konsumen Produk Oriflame pada PT. Orindo Alam Ayu di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh personal selling, price discount, dan bonus pack program terhadap perilaku pembelian produk konsumen Oriflame di Denpasar. Penelitian ini terdiri dari variabel dependen yaitu perilaku pembelian impuls konsumen (Y) dan tiga variabel independen yaitu personal selling (X1), price discount (X2), dan bonus pack program (X3). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Oriflame di kota Denpasar yaitu sekitar tiga ratus empat puluh tujuh ribu seratus sembilan puluh empat orang yang diambil seratus responden sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan SPSS versi tujuh belas.

Hasil penelitian ini menyampaikan bahwa semua variabel independen secara simultan mempengaruhi perilaku pembelian impulsif konsumen secara signifikan, dan dengan uji parsial terbukti bahwa bonus pack program memberikan pengaruh terbesar di antara variabel independen lainnya. Adjusted R square menunjukkan pada level sedang (enam puluh sembilan koma dua persen). Ini berarti tiga puluh koma delapan persen  dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Kesimpulan dari hasil ini berarti bahwa semua variabel independen memiliki nilai signifikan dan bonus pack memberikan nilai signifikansi terbesar untuk impuls perilaku pembelian produk konsumen Oriflame di Denpasar. Oleh karena itu, Oriflame Denpasar harus lebih meningkatkan pelatihan untuk semua anggota Oriflame sehingga mereka semua dapat membujuk orang lain untuk membeli Oriflame.

Kata kunci: personal selling, price discount, bonus pack program, impulse buying

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianti, Ria. 2011. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket Di Kecamatan Bandung. Administrasi Niaga. Fisip. Bandung : UNPAD.

Assauri, Sofian. 2014. “Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi”. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada

Belch, George E. dan Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York: McGraw Hill.

Chandra, E. 2016. Hubungan Direct Marketing dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Pie Elis. PERFORMA. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Universitas Ciputra, Vol. 1, No. 4

Engel, James F. 2005. “Perilaku Konsumen Jilid 2”. Jakarta: Binarupa Aksara

Ghani, dkk. 2010. “The Impact of In-Store Stimuli on the Impulse Purchase Behavior of Consumers in Pakistan”. Institute of Interdisciplinary Business Research, Vol. 2 No.8. pp 155-162.

Hendria, R., Ahmad, E., dan Pancawati N. D. 2014. Pengaruh Program Direct Marketing terhadap Keputusan Menggunakan Meeting Package Grand Hotel Lembang. Manajemen Pemasaran Pariwisata FPIPS UPI

Kotler, P & Lee, N. 2005. Marketing In The Public Sector, A Road Map For Improved Performance. Wharton School Publishing,

Kotler, Philip, Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 8, Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip dan Keller Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Terj. Benyamin Molan. PT : Indeks : Jakarta

Kotler, P., & Gary, A. 2013. Principal of Marketing Global Edition. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga

Limakrisna H.N dan Hary S.W. 2012. Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Bisnis) . Mitra Wacana Media, Jakarta

Muruganantham, dkk. 2013. “A revew of Impulse Buying Behavior”. Canadian Center of Science and Education, Vol 5 No. 12. pp 149-160.

Prihastama, Brian. 2016. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Razak, Darmianti. 2013. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan Impulse Buying terhadap Produk Oriflame PT Orindo Alam Ayu di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin. Makassar

Sari A., Widad, A.,dan Rosa, A. 2015. Pengaruh Sales Peomotion, Personal Selling, dan Visual Merchandising terhadap Perilaku Impluse Buying Konsumen Matahari Department Store PsX Palembang. JEMBATAN- Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan. Universitas Sriwijaya

Downloads

Published

2019-05-29

How to Cite

1.
Pradhana IPD, Martini DA. PENGARUH PERSONAL SELLING, PRICE DISCOUNT, DAN BONUS PACK PROGRAM TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN PRODUK ORIFLAME PADA PT ORINDO ALAM AYU DI KOTA DENPASAR. j.imb [Internet]. 2019May29 [cited 2024Apr.19];3(1):88-101. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2111

Issue

Section

Articles