ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN PENGARUH VARIABEL GREEN MARKETING, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN BUDAYA: STUDI KASUS PADA KONSUMEN THE BODY SHOP DI 5 KOTA BESAR INDONESIA

Authors

  • Putu Dyah Permata Korry Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

Abstract

Analisis Strategi Pemasaran Keputusan Pembelian Konsumen Berdasarkan Pengaruh Variabel Green Marketing, Customer Relationship Marketing dan Budaya: Studi Kasus pada Konsumen The Body Shop di 5 Kota Besar Indonesia. Di era global saat ini, keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh berbagai macam hal baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Indonesia memiliki karakteristik konsumen yg sangat beragam yang dipengaruhi oleh budaya dan adat istiadatnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dari The Body Shop Indonesia. Variabel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah green marketing, customer relationship marketing budaya dan melihat pengaruhnya terhadap keputusan konsumen The Body Shop. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen The Body Shop Indonesia yang tersebar di lima kota besar di Indonesia untuk melihat karakteristiknya berdasarkan budayanya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner atau link yang disebarkan melalui google form. Hasil analisis menunjukkan bahwa green marketing memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk The Body Shop. Sedangkan variable lainnya yaitu Customer relationship marketing dan budaya juga memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk The Body Shop.

Kata kunci: green marketing, customer relationship marketing, budaya, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

AriyantoPalwa. 2014. PengaruhGreen Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi MinatBeli (Studi Pada PelangganThe Body Shop Di Plaza Ambarukmo Yogyakarta).Manajemen. FakultasEkonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management, Concept and Tools.Jakarta:Bayu Media

Choudhary, Aparna& Samir Gokarn. 2013. Green marketing: A means for Sustainable Development. Journal of Arts, Science & Commerce, Volume IV Issue 3(3), 26-32.

Gaffar, Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel. Bandung: ALFABETA

Peattie, Crane. 2005. Green Marketing : Legend, Myth, Farce or Prophersy. Qualitative Market Research : AN International Journal. Vol.8 Issue 4, pp 357-370.

Robinette, Scott, 2001.Emotion Marketing. McGraw Hill Book Company, New York.

Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta :Kencana.

Syafruddin Chan, 2003. Relationship Marketing:Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. CetakanKedua, Gramedia. Jakarta.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-05-29

How to Cite

1.
Korry PDP. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN PENGARUH VARIABEL GREEN MARKETING, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN BUDAYA: STUDI KASUS PADA KONSUMEN THE BODY SHOP DI 5 KOTA BESAR INDONESIA. j.imb [Internet]. 2019May29 [cited 2024Mar.29];3(1):1-13. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2105

Issue

Section

Articles