PERAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT DESA LEGIAN

Authors

  • Made Eka Agustini Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v3i2.2212

Keywords:

Peranan, Lembaga Perkreditan Desa, Pelayanan pada Masyarakat

Abstract

Pulau Bali selain memiliki kelurahan dan desa yang bersifat adiministratif juga memiliki desa yang mempunyai sifat otonomi asli dengan sebutan Desa Adat atau Desa Pakraman. Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini memiliki salah satu lembaga keuangan milik masyarakat tingkat desa yaitu LPD. Berdiri dan berkembangnya LPD di Bali pada dasarnya untuk membantu pembangunan di tiap-tiap Desa Adat sebagai kekuatan untuk menjaga adatnya. Peran penting LPD sangat dirasakan oleh masyarakat terutama untuk mendukung kegiatan seperti odalan dan hari raya besar umat hindu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah eksistensi lembaga perkreditan desa dalam memberikan pelayanan pada masyarakat desa adat legian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data, analisis data, kesimpulan. Kepala Pimpinan selama menjabat sudah melaksanakan proses pelayanan yang baik. Selain itu Kepala Pimpinan LPD dalam menjalankan tugasnya memiliki aturan berdasarkan SOP. Jenis pelayanan yang ada di LPD legian sudah diterapkan lebih dari maksimal. Kepala Pimpinan dalam memberikan pembinaan kepada pegawai seperti memberikan pendidikan untuk menambah wawasan. Fasilitas yang diberikan LPD kepada pegawai seperti memberikan computer, kredit sepeda motor. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmadja, Anantawikrama Tungga. 2011. “Penyertaan Modal Sosial dalam Struktur Pengendalian Intern Lembaga Perkreditan Desa (LPD): Studi Kasus pada LPD Desa Pakraman Penglatan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali”. Diakses tanggal 31 Januari 2017.

Boediono, & Wayan Koster. 2008. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Bandung: PT Rosdakarya.

Depdagri-LAN., 2008. Modul Kebijakan Pelayanan Publik, Diklat Teknis Pelayanan Publik, Akuntabilitas dan Pengelolaan Mutu (Public Service Delivery, Accountability, and Quality Management). Jakarta: LAN.

Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, DImensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Kusdarini, Eny. 2011. Dasar-Dasar Hukum Administrasi Negara dan Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik. Yogyakarta: UNY Press.

Mahmudi, M., 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta.

Moenir. H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mutia, Sahibah. 2013. “Eksistensi Kehidupan Sosial” Diunduh pada tanggal 30 Maret 2014. http://www.fsrd.itb.ac.id/wp-content/uploads/EKSISTENSI.pdf.

Poltak Sinambela, Litjan dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratmino dan Atik Septi Winarsih. 2008. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rintuh, Cornelius dan Miar. 2009. Kelembagaan dan Ekonomi Rakyat. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Saefullah, H.A.D., 2008. Pemikiran Kontemporer Administrasi Publik Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Era Desentralisasi. Bandung: AIPI dan PK2W Lemlit Unpad.

Saryono & Mekar Dwi Anggraeni. 2011. Metodolgi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Nuha Medika.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : C.V Andi offset.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : C.V Andi offset.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Published

2019-10-01

How to Cite

1.
Agustini ME. PERAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT DESA LEGIAN. JIDS [Internet]. 2019Oct.1 [cited 2024Mar.29];3(2):279-91. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/2212

Issue

Section

Articles