IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BADUNG

Authors

  • Windi Dwi Arista Universitas Pendidikan Nasional
  • Wayan Suderana Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1733

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Abstract

Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) memberlakukan Kartu Identitas Anak (KIA) yang di harapkan menjadi Kartu Identitas bagi anak. KIA wajib dimiliki setiap anak.Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun2016. Tujuan KIA untuk meningkatkan Pendataan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Konstitusional Warga Negara. Data yang di gunakan merupakan data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Hasil Penelitian dan Pembahasan Kebijakan KIA terutama dari segi tata pelaksanaannya serta hasil yang dapat di laksanakan dan diterima masyarakat. Secara fisik hasil pelaksanaan KIA telah dirasakan dengan baik dan pendistribusiannya telah merata dirasakan oleh semua golongan atau lapisan masyarakat, Namun masih banyak masyarakat yang belum mengerti akan fungsi dan manfaat KIA.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Abdul Wahab, Solichin. 2016. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Penyusunan Model-model Implementasi Kebijakan Publik. Edisi Kelima. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, J. Lexy. 2012.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subarsono, AG. 2011. Analisis Kebijakan Publik Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno 2010. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Winarno. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Jurnal :

Afrizal,Chandy. 2017.Pelaksanaan Kebijakan Pembuatan Kartu Identitas Anak Di Kota Bandar Lampung,Journal of Human Resource Planing, p 143-190.

Fradika,Eri. 2018.Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Journal of Human Resource Planing, p 123-140.

Skripsi :

Anggraeni,D.M & Saryono. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Anggreani,Wulan. 2017. Implementasi Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat dan Kualitas Pelayanan E-KTP. Skripsi, Program Sarjana Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Fradika,Eri. 2018. Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Skripsi,Program Study Strata satu(S1) Ilmu Pemerintah, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta.

Terawati. 2017. Pengaturan Administrasi Kependudukan Terkait Pemberlakuan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Skripsi,Program Sarjana Hukum Administrasi Negara. Fakultas Hukum Universitas Lampung,Bandar Lampung.

Internet :

Dispendukcapil, Kabupaten Grobogan. 2016. Kartu Identitas Anak (online). Available http://dispendukcapil.grobogan.go.id/kartu-identitas-anak-kia (19 agustus 2018).

Kemendagri, Kabupaten Badung. 2016. Peraturan Daerah Kabupaten Badung (online). Available http://www.jdih.setjen.kemendagri.go.id/files/KAB_BADUNG_9_2016.pdf (18 agustus 2018).

Undang-Undang Republik Indonesia. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (online). Available http://dukcapil.kemendagri.go.id/izCFiles/uploads/downloads/UU_24_Thn_20132.pdf

Published

2019-02-01

How to Cite

1.
Arista WD, Suderana W. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BADUNG. JIDS [Internet]. 2019Feb.1 [cited 2024Apr.25];3(1):56-6. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/1733

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)