MOTIVASI, GENDER, SELF EFFICACY DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI UJIAN CPA TEST CENTER DI UNDIKNAS DENPASAR

Authors

  • Agung Omika Dewi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v5i1.2437

Keywords:

Motivation, Gender, Self Efficacy, Job Market Considerations, The Interest of Students, CPA Test Center Exam

Abstract

The purpose of this research is to determine the influence of career motivation, gender, self efficacy and job market considerations in the era of industrial revolution 4.0 on the interest of accounting students at Udiknas Denpasar to take the Certified Public Accountant (CPA) exam. This research use Theory of Planned Behavior that explain the relation between attitude and behavior. This study use primary data that are collected by questionnaire with incidental random sampling as the sampling technique. Data were analysed using multiple linear regression. The results are that career motivation, self efficacy and job market considerations in the industrial revolution era 4.0 had a significant effect on the interest of accounting students at Undiknas Denpasar to take the CPA exam. However, Gender did not significantly influence the interest of accounting students at Undiknas Denpasar to take the CPA exam.

References

Abidin, A. Z., (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA), 03(1), 55–68.

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.

Andriati, N., (2001). Perilaku Mahasiswa Akuntansi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Magister Sains UGM Yogyakarta.

Ari, K. B. J., Wahyuni, M. A., & Sulindawati, N. L. G. (2017). Pengaruh Faktor Gender, Pertimbangan Pasar Kerja, Lingkungan Kerja, Penghargaan Finansial Dan Pelatihan Profesional Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan G. Jurnal Akuntansi, 8, 1–12.

Bandura, A., (1993). Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Functioning. Educational Psychologist, 28, 117-148

Dewayani, M. A., & Chasanah, C. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(2), 176–183. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v15i2.1846

Djaali, (2007). Psikologi Pendidikan . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Erez, A., & Judge, T. A., (2001). Relationship of Core Self-Evaluations to Goal Setting , Motivation , and Performance, 86(6), 1270–1279. https://doi.org/10.1037//0021-9010.86.6.1270

Fakih, M., (2008). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Frey, Osborne., (2013). The Future of Employment:How Susceptible Are Jobs To Computerisation.

Ghozali, Imam., (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.Semarang: Badan Penerbit-Undip

Ghufron & Risnawati, R., (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harris, L. & Djamhuri, A., (2001) Analisis Tentang Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Pemilihan Karir Bagi Mahasiswa Akuntansi: antara Akuntan Publik versus Non Akuntan Publik. TEMA. 2 (2): 116-135.

Hermann et al., (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios. Presented at the 49th Hawaiian International Conference on Systems Science.

Indonesia, J. A., (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Profesi Akuntansi Ditinjau Dari Gender Dan Status, 2(1), 17–26.

Irianto, D., (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.

Irnasiwi, N. A. (2013). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, (3).

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2011). Penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik

Keputusan Menteri Keuangan Nomor 443/KMK.01/2011 tentang penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik

Kreitner, R. & Kinicki A., (2000). Organizational Behavior 5th edition, Boston: Mc Graw-Hill.

Kurniawan, A., (2014). Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis. Bandung: Alfabeta

Lee et al., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1 (1), 38–41.

Lips, H. M., (2008). Sex and Gender: An Introduction. New York: McGraw-Hill Higher Education

Niu, H., (2010). Erratum to & ldquo; Investigating the effects of self-efficacy on foodservice industry employees & rsquo; career commitment. International Journal of hospitality Management, 29, 1336.

Nugroho, A., (2005). Strategi Jitu memilih Metode Statistic Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Oktadewani, N., (2019). Pengaruh Motivasi, Status Sosial, dan Karir Mahasiswa Akuntansi dalam Rangka Mengikuti Ujian Certified Public Accountant di CPA Test Center UNISMA, 08(01), 116–129.

Peni, E., & Vähämaa, S., (2010). Female executives and earnings management. Managerial Finance, 36(7), 629–645. https://doi.org/10.1108/03074351011050343

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/MPK.01/2008 tentang Sertifikasi Akuntan Publik Merupakan Syarat Agar Dapat Bekerja Sebagai Akuntan Publik Profesional.

Purwati, A. S., & Sari, Y. Y. (2015). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karier (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Reguler Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Purwokerto). Jurnal FEB Unsoed, 5, 124–152.

Putra, C. A., Wahyuni, M. A., & Yasa, I. N. P., (2017). Pengaruh Motivasi , Self Efficacy Dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111 / Pmk . 03 / 2014 Terhadap Minat Berkarir Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha Sebagai Konsultan Pajak, 1(111).

Putro, A. S., (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahardian, I., (2008). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa untuk Mengikuti PPAk. Skripsi. Universitas Katolik Soegijaprenata Semarang.

Rahayu et al., (2003). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karier. Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya, 16-17 Oktober : 821-829.

Reksohadiprodjo, H., (1996), Organisasi Perusahaan: Teori, Struktur dan Perilaku, Yogyakarta, BPFE.

Santrock, J.W., (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sapitri, Z., & Yaya, R. (2015). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Akuntansi & Investasi, 16(1), 46–61.

Sari, L. K., (2016). Pengaruh Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, dan Pertimbangan Pasar Kerja terhadap Motivasi Pemilihan Karier Sebagai Akuntan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiyani, (2005). Faktor-faktor yang Membedakan Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Profesi sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono., (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono., (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta

Sunyoto, D., (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Suwardana, H., (2017). Revolusi Industri 4 . 0 Berbasis Revolusi Mental, 1(2), 102–110.

Talamaosandi dan Wirakusuma, 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja, Nilai-Nilai Sosial, Pertimbangan Pasar Kerja, Dan Personalitas Pada Pemilihan Karir Akuntan Publik. ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.19.1. April (2017): 1-26.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik

Zyl et al., (2011). “Why Some Students Choose to Become Chartered Accountants (and Others Do Not)”. Meditari Accountancy Research, Vol. 19, No. 1/2, h. 56-74.

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles