TINDAKAN PAJAK AGRESIF: PENGARUH POSITIF DAN NEGATIF PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LAVERAGE

Authors

  • Arif Farida SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SURAKARTA
  • Firman Fauzi Ibrahim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v5i1.2423

Keywords:

Pajak Agresif, Prifitabilitas, Likuiditas, Leverage

Abstract

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan negatif profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap tindakan pajak agresif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara purposif sampling artikel ilmiah yang dipublikasi di Google Scholar. Hasil studi pustaka ini adalah: pertama, pengaruh positif karena perusahaan yang memiliki profit tinggi tentunya jumlah pajak yang harus dibayarkan juga tinggi sehingga perusahaan memiliki kesempatan untuk melakukan perencanaan pajak. Pengaruh negatif  dari profitabilitas dikarenakan perusahaan yang memiliki profit rendah akan mencoba untuk mempertahankan aset perusahaan dibanding membayar pajak. Kedua, pengaruh likuiditas positif dikarenakan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dia mampu memenuhi kewajiban jangka pendek sehingga tingkat pajak agresif semakin berkurang. Pengaruh likuiditas negatif disebabkan perusahaan akan berusaha menjaga tingkat likuiditas pada tingkat tertentu untuk mempertahankan kepercayaan kreditur. Ketiga, pengaruh leverage positif disebabkan adanya hutang dapat mengurangi jumlah pajak yang harus dibayar. Pengaruh leverage terhadap pajak agresif adalah negatif karena perusahaan besar akan diawasi secara ketat oleh para bondholder sehingga perusahaan atau manajemen tidak dapat melakukan pajak agresif.

 

References

Abidin, M. Z., et al. (2018). "Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Sosial Responsibility Terhadap Tindakan Pajak Agresif (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI Tahun 2012-2015)." Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi 7(03).

Adiyani, N. and R. Septanta (2017). "Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak dengan CSR sebagai Variabel Intervening." Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang 5(1).

Anis, I. (2017). "Pengaruh Pengungkapan Csr Terhadap Pelaporan Pajak Agresif, Dan Pengaruhnya Terhadap Return Saham." Jurnal ASET (Akuntansi Riset) 9(1): 73-100.

Anisa, P. (2019). Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Kepemilikan Institusional, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Tindakan Pajak Agresif (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2014-2018), Universitas Darma Persada.

Anita, F., et al. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013), Riau University.

Atika, D. (2017). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINDAKAN PAJAK AGRESIF (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BEI TAHUN 2013-2015), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Badriyah, S. L. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

Dewinta, I. A. R. and P. E. Setiawan (2016). "Pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance." E-Jurnal Akuntansi: 1584-1615.

Fadli, I., et al. (2016). Pengaruh likuiditas, leverage, komisaris independen, manajemen laba, dan kepemilikan institusional terhadap agresivitas pajak perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013), Riau University.

Fikriyah, F. (2014). Analisis pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas dan karakteristik kepemilikan terhadap agresivitas pajak perusahaan: Studi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2012, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hanurawan, F. (2016). Metode Penelitian Kualitatif:Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta, PT Rajagrafindo Persada.

Hidayanti, A. N. and H. Laksito (2013). Pengaruh antara kepemilikan keluarga dan corporate governance terhadap tindakan pajak agresif, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Indradi, D. (2018). "Pengaruh Likuiditas, Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak (Studi empiris perusahanManufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016.)." JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia) 1(1): 147-167.

Isdarmanto, I. (2016). "Studi Kelayakan Aspek Strategis Desa Wisata Tembi Untuk Meningkatkan Pariwisata Dan Perekonomian Kabupaten Bantul Yogyakarta." Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah 10(1).

Maharani, S. (2013). "Profil Berpikir Logis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Luas Daerah dengan Menggunakan Integral Lipat Dua." JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 2(1).

Pamor, D. Y. (2018). "Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Intensitas Persediaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tingkat Agresivitas Wajib Pajak Badan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016." Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Intensitas Persediaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tingkat Agresivitas Wajib Pajak Badan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016.

Pitoyo, B. S., et al. (2019). "Manajemen Laba, Tindakan Pajak Agresif, Dan Peran Tata Kelola Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Di Jakarta Islamic Index." ISLAMINOMICS 9(1).

Purnomo, L. C. (2016). "Pengaruh Struktur Kepemilikan Perusahaan Terhadap Tindakan Pajak Agresif." Jurnal BPPK: Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan 9(1): 99-108.

Rahayu, P. (2017). "Pengaruh Ukuran Perusahaan, Laverage, Profitabilitas, Market To Book Ratio, Kepemiikan Mayoritas dan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak." Accounting Global Journal 1(1).

Rieslian, Y. and S. Anang (2014). "Analisis Karakteristik Perusahaan Dalam Memprediksi Luas Ungkapan Corporate Social Responsibility." Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi 3(1).

Saputra, M. D. R. and N. F. Asyik (2017). "Pengaruh profitabilitas, leverage dan corporate governance terhadap tax avoidance." Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA) 6(8).

Suyanto, K. D. and S. Supramono (2012). "Likuiditas, Leverage, Komisaris Independen, dan Manajemen Laba terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan." Jurnal Keuangan dan Perbankan 16(2).

Tiaras, I. and H. Wijaya (2015). "Pengaruh Likuiditas, Leverage, Manajemen Laba, Komisaris Independen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak." Jurnal Akuntansi 19(3): 380-397.

Valentinus, A. W. (2015). "Pengaruh Proporsi Komisaris Independen, Komite Audit, Manajemen Laba, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak."

Vernando, A. and F. Rakhman (2019). "Masa Kerja Ceo Dan Manajemen Laba (CEO Tenure And Earnigs Management)." Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 15(2): 201-215.

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles