DETERMINAN KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

I Nyoman Ari Widana N, Ida Bagus Raka Suardana

Abstract


Determinan Kebijakan Dividen dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor yang dapat menentukan kebijakan dividen dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Variabel yang diuji dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln Total asset, likuiditas yang diproksikan dengan current ratio, growth yang diproksikan dengan pertumbuhan total aktiva, profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar sampai dengan tahun 2014 sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel yang terpilih yaitu sebanyak 30 sampel yang mana proses seleksi atas sampel tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini diuji melalui analisis jalur yang dibantu dengan aplikasi Amos versi 22 untuk proses pengolahan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari ukuran perusahaan dan growth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap profitabilitas dan kebijakan dividen. Sedangkan likuiditas memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen.

Kata Kunci: ukuran perusahaan, likuiditas, growth, profitabilitas, kebijakan dividen

 




Full Text:

PDF

References


Al-Najjar, Basil dan Khaled Hussainey. 2009. The Association between Dividend Payout and Outside Directorships. Journal of Applied Accounting Research. p 1-28.

Amah, Nik. 2011. Determinan Kebijakan Dividen Perusahaan Go Public di Indonesia. Tesis, Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Amalia Nur Chasanah. 2008. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR) Pada Perusahaan Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Amarjit, Gil., Biger, Nahum/ and Tibrewala, Rajendra. 2010. Determinants of Dividend Payout Ratios: Evidence from United States. The Open Business Journal, 3, p 8-14.

Banerjee, Souvik. 2015. A Comparative Analysis of Dividend Policy of Selected New and Old Generation Private Sector Banks in India. ISSN : 2249-1066, Vol. 5 No. 2 p 1-8.

Rifai, Moh, Rina Arifati dan Maria Magdalena. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei Tahun 2010-2012. Jurnal Universitas Panadaran Semarang.

Jama’an. 2008. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan. Tesis, Program Studi Magister Sains Akuntansi Universitas Dipenegoro, Semarang.

Kusumajaya, Dewa Kadek Oka. 2011. Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Lee, Seok Weon. 2015. Dividend Policy and Investment Decisions of Korean Banks. Review of European Studies, Vol.3 No. 7 h 245-252.

Murhadi, Werner R.. 2008. Studi Kebijakan Deviden: Anteseden dan Dampaknya Terhadap Harga Saham. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 10 No. 1 h 11-17.

Muhammadinah dan Mahmud Alfan Jamil. 2015. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover Dan Return On Asset Terhadap Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. I-Economics Journal. Vol. 1 No. 1.

Puspita, Fira. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007). Tesis, Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Unversitas Diponegoro, Semarang.

Ramadhani, Farhaanah. 2015. Perkembangan Sektor Industri Manufaktur Nasional. (on line), Available http://farhaanahramadhani.blogspot.co.id/2015/04/perkembangan-sektor industri-manufaktur.html?m=1 (2017 February 02)

Samrotun, Yuli Chomsatu. 2015. Kebijakan Dividen Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Paradigma, Vol. 1 No. 13 h 92-103.

Sartono, Agus. 2014. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Cetakan Ke 7. BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke-19. Bandung: Alfabeta.

Wicaksana, I Gede Anandhita. 2012. Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Dan Return On Asset Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Tesis Program Pascasarjana Universitas Udayana.




DOI: http://dx.doi.org/10.38043/jiab.v3i1.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web
Analytics JIAB Statistik undiknas