HUBUNGAN CEO GENDER DAN LEVERAGE DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017

Authors

  • Aloysia Putu Devy Varadina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Nyoman Gede Arya Diatmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v3i1.2097

Abstract

Hubungan CEO Gender dan Leverage Dengan Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara CEO Gender dan Leverage dengan Konservatisme Akuntansi. Adanya kebebasan dalam pemilihan metode akuntansi yang diterapkan perusahaan dapat memberikan peluang untuk melakukan tindakan kecurangan dalam laporan keuangan. Salah satu cara untuk menangani tindak kecurangan tersebut adalah dengan diterapkannya metode akuntansi yaitu konservatisme akuntansi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pada perusaahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Jumlah populasi sasaran dalam penelitian ini yaitu sebanyak 36 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah jenis data kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif menggunakan tabulasi silang (crosstabs) dan melihat dari nilai Gamma (?). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara CEO Gender dengan Konservatisme Akuntansi (?=0,763). Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat lemah antara Leverage dengan Konservatisme Akuntansi (?=0,021).

Kata Kunci: CEO gender, leverage, konservatisme akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, A. dan S. Duellman. 2007. “Accounting Conservatism and Board of Director Characteristics: An empirical analysis”. Journal of Accounting and Economics. www.ssrn.com

Aristiya, Maria Maya. 2014. Analisis Perbedaan Tingkat Konservatisme Akuntansi Laporan Keuangan Sebelum dan Sesudah Konvergensi IFRS. Skripsi. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Basu, S. 1997. “The Conservatism Principle and The Asymmetric Timeliness of Earnings”. Journal of Accounting and Economics, No. 24, 3-37.

Boussaid, N ., T. Hamza, dan Danielle S. 2015. “Corporate Board Attributes and Conditional Accounting Conservatism: Evidence From French Firms”. Jurnal of Applied Bussiness Research, Vol. 31.

Brilianti, Dinny P. 2013. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage dan Komite Audit Terhadap Konservatisme Akuntansi”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Chariri, A dan Imam Ghozali. 2007. Teori Akuntansi. Fakultas Ekonomi: Universitas Diponegoro. Semarang.

Daft, Richard L. 2006. Manajemen, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Deviyanti, Dyahayu Artika. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerapan Konservatisme dalam Akuntansi. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Universitas Diponegoro, Semarang.

Hellman, Niclas. 2007. “Accounting Conservatism Under IFRS”. Acoounting in Europe.

Ho, S.S.M., Li, A.Y., Tam, K. dan Zhang, F.F. 2014. Murdoch Research Repository. “CEO Gender, Ethical Leadership, and Accounting Conservatism”. Journal of Business Ethics, January. http://researchrepository.murdoch.edu.au/22146

Indrayati, Martha Rizki. 2010. Pengaruh Karakteristik Dewan Komisaris Terhadap Tingkat Konservatisme Akuntansi. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, Terry D. Warfield. 2014. Intermediate Accounting: IFRS Edition. Jonh Wiley & Sons, Inc.

Lo, Eko W. 2005. “Pengaruh Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan Terhadap Konservatisme Akuntansi”. Makalah Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.

Noviantari, Ni Wayan dan Ni Made Dwi Ratnadi. 2015. Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, dan Leverage. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 11, No. 3, Hal. 646-660.

Puspitawati, Herein. 2013. Konsep, Teori dan Analisis Gender. Bogor: Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Salama, Feras M and Karl Putnam. 2015. Accounting conservatism, capital structure, and global Diversification. Pasific Accounting Riview, Vol. 27 Iss 1 pp. 119-138. www.emeraldinsight.com

Sari, Cynthia dan Desi Adhariani. 2009. Konservatisme Perusahaan di Indonesia dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Makalah Simposium Nasional Akuntansi XII, Palembang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Watts, R. L. 2003. “Conservatism in Accounting Part I: Explanations and Implications. AccountingHorizons.” Simon School of Bussiness Working Paper. No. FR 03-16.

www.ssrn.com

www.idx.co.id

www.sahamok.com

Downloads

Published

2019-05-28

How to Cite

1.
Varadina APD, Diatmika NGA. HUBUNGAN CEO GENDER DAN LEVERAGE DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017. j.ab [Internet]. 2019May28 [cited 2024Apr.20];3(1):36-45. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2097

Issue

Section

Articles