PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, STRUKTUR AKTIVA, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (PENELITIAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015)

Authors

  • I Gusti Ayu Suta Premawati Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
  • Gede Sri Darma Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v2i2.2077

Abstract

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal (Penelitian di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan profitabilitas terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dikategorikan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2011-2015 dan memberikan rekomendasi sebagai penyelesaian pada penelitian ini. Terdiri dari 22 perusahaan diambil dalam pengamatan 5 tahun, dan jumlah 110 sampel dengan metode purposive random sampling. Dalam analisis menerapkan dengan pengolahan Analisis Jalur dengan AMOS versi 22.  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Struktur aset dan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal.  Perusahaan Manufaktur yang terkategori Consumer Goods Industry harus memperhatikan faktor profitabilitas dan stuktur aktiva karena merupakan faktor yang lebih banyak dalam mempengaruhi struktur modal. Dalam hal ini manajemen perusahaan perlu menjaga stuktur modal agar kondisi perusahaan tetap terjaga serta dapat meningkatkan nilai perusahaan. Oleh karena itu, sangat berguna bagi investor untuk mempertimbangkan variabel tersebut untuk penelitian dalam rangka untuk membuat keputusan pendanaan yang tepat dan melakukan perdagangan saham dengan penuh percaya diri. Penelitian selanjutnya perlu memperhatikan variabel-variabel selain ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, profitabilitas dan struktur modal serta periode waktu yang berbeda.
 
Kata kunci: DER, Ukuran Perusahaan, Penjualan, Struktur Aktiva, ROE

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barus, Andreani Caroline dan Leliani. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Volume 3 Nomor 02. Medan.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi

Penerjemah Ali Akbar Yulianto. Salemba Empat. Jakarta. Fahmi, I. 2012. Analisis Laporan Keungan. Alfabeta. Bandung.

Husnan, S dan Pudjiastuti, Enny. 2002. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. UPP AMP YKPN

: Yogyakarta

Indonesia Stock Exchange. 2016. IDX Statistics. (on line), Available http://www.idx.co.id/id- id/beranda/publikasi/statistik.aspx (12 April 2016)

Kusumajaya. 2011. Pengaruh Struktur Modal & Pertumbuhan Perusahaan terhadap

Profitabilitas & Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur diBursa Efek

Indonesia. Tesis, Program Megister Manajemen, Universitas Udayana, Denpasar. Syamsudin, Lukman. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Weston, J.F dan Copeland. 2008. Dasar–Dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2019-05-20

How to Cite

1.
Premawati IGAS, Darma GS. PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, STRUKTUR AKTIVA, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (PENELITIAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015). j.ab [Internet]. 2019May20 [cited 2024Apr.20];2(2):272-86. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2077

Issue

Section

Articles